Pelantikan Pejabat Amburadul, Sekda Dan BKD Diduga Tak Dukung Sumut Bermartabat

  • Bagikan
Pelantikan Pejabat Amburadul, Sekda Dan BKD Diduga Tak Dukung Sumut Bermartabat

MEDAN (Waspada): Pelantikan pejabat eselon III dan VI di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara pada Selasa 21 Februari 2023 kemarin, menuai beragam kontroversi.

Pasalnya, orang yang sudah meninggal dunia dan pensiun ikut dilantik. Lalu, seratusan dari 911 pejabat yang dilantik tersebut non job serta yang dilantikpun belum menerima SK.

Amburadulnya pelantikan pejabat tersebut menjadi pembicaraan hangat di tengah-tengah masyarakat. Salah satunya Anthony Sinaga, SH, MHum.

Anthony yang pernah menjabat Kepala Bidang Perizinan Instrastruktur, Ekonomi dan Sosial pada Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu Provinsi Sumatera yang kini bertugas sebagai Analis, Monitoring, Evaluasi dan Pelaporan pada Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan di Pemerintah Daerah Kabupaten Deli Serdang kepada Waspada, Sabtu (25/2), menduga Sekda Dan Kepala BKD Pemprov Sumut tidak mendukung Sumut Bermartabat.

‘’Kabid Mutasi BKD Provsu Karim, Kepala BKD Provsu Safruddin dan Sekretaris Daerah Provsu Arif Trinugroho diduga bertindak sewenang-wenang dan diduga tidak mendukung Sumut Bermartabat,’’ tegas Anthony.

Anthony menjelaskan, pejabat eselon III dan IV yang dilantik tersebut sampai saat ini tidak menerima SK pelantikan dan lebih kurang seratus orang dinonjobkan.

‘’ASN eselon tiga dan empat yang dinonjobkan sampai saat ini juga belum menerima SK penonjoban mereka. Saya juga bertanya dimana mereka bertugas dan bagaimana pertanggungjawaban mereka tentang tunjangan kinerja terhadap ASN baik yang sudah dilantik maupun yang sudah dinonjobkan,’’ ucap Anthony.

Anthony menambahkan, hampir seribu pejabat eselon 3 dan 4 yang dilantik tersebut diduga tidak diusulkan oleh OPD masing-masing kepada tim Baperjakat yang diketuai oleh Arif selaku Sekda Provsu.

Atas buruknya kinerja BKD dan Sekda selaku Ketua Baperjakat, Anthony telah menyurati Presiden, Mendagri, Menpan RB dan Ketua Komisi ASN serta meminta Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mencopot Sekda, Kepala BKD dan Kabid Mutasi BKD Provsu tersebut.(m29)

Waspada/Andy Aditya
SURATI PRESIDEN: Anthony Sinaga, Sabtu (25/2), menunjukkan surat yang ditujukan kepada Presiden, Mendagri, Menpan RB dan Ketua Komisi ASN atas buruknya kinerja Sekda dan BKD Provsu soal pelantikan 911 pejabat eselson III dan IV pada Selasa, 21 Februari 2023.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *