Pemilu Di Sumut Aman, Apresiasi Untuk Kapoldasu

  • Bagikan
Pemilu Di Sumut Aman, Apresiasi Untuk Kapoldasu

MEDAN (Waspada): Pemilihan Umum (Pemilu) untuk presiden/wakil presiden maupun untuk anggota legislatif telah berlangsung dengan aman pada 14 Februari 2024. Kapolda Sumut, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi layak mendapat apresiasi atas hal ini.

Pernyataan itu disampaikan dosen Fisipol Universitas Medan Area (UMA) Dr Dedi Sahputra, MA di Medan, Sabtu (17/2). “Apresiasi untuk Kapolda Sumut dan jajarannya atas terselenggaranya Pemilu yang aman,” ujarnya.

Dikatakannya, kondisi terpeliharanya keamanan ini tidak lepas dari kerja keras aparat keamanan. “Tentu ada kerja keras di balik rasa aman yang kita nikmati ini,” ujarnya.

Namun dia menekankan, bahwa pasca pemungutan suara, Pemilu belum sepenuhnya selesai. Karena masih ada tahapan selanjutnya, yakni penghitungan suara ataupun Pilpres kemungkinan putaran kedua kalau tidak ada kandidat yang mencapai lebih 50 persen suara.

Sebelumnya diberitakan, Kapolda Sumut, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi meninjau Tempat Pemungutan Suara (TPS) 013 yang berlokasi di Jalan Pintu Air, Kecamatan Medan Kota, Rabu (14/2).

Bersama Pj Gubernur Sumut Hassanudin, Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI Mochammad Hasan serta para pejabat lainnya, kedatangan Kapoldasu ke TPS 013 untuk memastikan pelaksanaan pecoblosan surat suara dan pemungutan suara pada Pemilu 2024 berjalan aman, nyaman, damai.

Pantauan di lokasi, kedatangan Kapolda Sumut, Pj Gubernur Sumut dan Pangdam I Bukit Barisan disambut hangat masyarakat saat proses pencoblosan surat suara. Juga, Pj Gubernur Sumut Hassanudin memberikan coklat kepada para pemilih di TPS.

“Kita hadir di sini untuk memastikan pelaksanaan pencoblosan surat suara di Kota Medan, Sumatera Utara berjalan kondusif aman dan damai,” ujar Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi.

Sangat Aman

ementara itu Ketua KPPS, Hendrik, mengungkapkan pelaksanaan pencoblosan surat suara dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 269 orang berjalan sangat aman di TPS 013.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada personel TNI/Polri yang karena turut membantu memberikan rasa aman di TPS ini. Antusias pemilih sangat luar biasa memberikan hak suaranya,” pungkasnya.

Pematangsiantar
Di Pematang Siantar Kapolres AKBP Yogen Heroes Baruno SH, SIK juga melaksanakan monitoring Pengecekan Pendistribusian Logistik di Kecamatan/PPK Pasca Pelaksanaan Pemilihan umum (Pemilu) Tahun 2024 wilayah hukum Polres Pematangsiantar, Jumat, 16 Februari 2024.

Dalam pengecekan, Kapolres didampingi Wakapolres Kompol Pardamean Hutahaean S.H, S.I.K, M.H, para Kabag, Kasat dan Kapolsek menyampaikan kepada personil yang melaksanakan pengamanan agar tetap melakukan pengamanan dengan baik menunggu dilakukan penghitungan di PPK, apabila ada permasalahan permasalahan para Perwira pengendali (Padal) segera melaporkan dengan berjenjang.

“Kepada seluruh personil yang masih tetap melakukan pengamanan tetap menjaga kesehatannya masing masing dan apabila ada yang sakit segera dilaporkan. Dimana tugas tugas kita masih padat ke depan hingga pemilu 2024 berakhir,” ucap Kapolres.

Kata Kapolres, dari hasil Pengecekan sudah hampir 100% Logisti Pemilu tiba di PPK dalam keadaan aman. “Untuk itu tetap lakukan pengamanan dengan baik sampai rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara di Kecamatan dilaksanakan pada hari Sabtu 17 Februari 2024,” pungkas AKBP Yogen

Sibolga
Sama halnya dengan di Sibolga, pada Kamis 15 Februari 2024, Kapolres Sibolga, AKBP Achmad Fauzy, SH, SIK, MIK, menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam pengamanan TPS selama proses pemungutan suara. Ungkapan terima kasih tersebut disampaikan Kapolres Sibolga saat meninjau di Kantor KPU Kota Sibolga, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kota Sibolga, sehari setelah pemungutan suara berlangsung.

Kapolres Sibolga mengungkapkan bahwa dirinya bersama seluruh Pejabat Utama Polres Sibolga telah memantau kondisi pemungutan dan penghitungan suara di TPS hingga larut malam. Langkah tersebut diambil untuk dapat merespons dengan cepat apabila terjadi gangguan keamanan, dimana Polres Sibolga telah menyiagakan 1 pleton personel Dalmas BKO dari Polda Sumut.

“Alhamdulillah, situasi pemungutan suara semalam berjalan dalam keadaan aman dan lancar, tanpa adanya gangguan keamanan yang berarti. Kami akan terus melakukan pengamanan hingga proses rekapitulasi surat suara selesai, baik di tingkat PPS maupun PPK,” ujar Kapolres Sibolga.

Selain itu, Kapolres Sibolga, juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh Masyarakat yang telah menggunakan hak pilihnya dalam proses demokrasi tersebut. Ia mengajak semua pihak untuk tetap tenang dan bersabar menunggu hasil penghitungan suara yang akan diumumkan sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Dengan kerjasama dan partisipasi dari semua pihak baik dari TNI Polri, KPPS, Linmas, petugas PPS dan PPK, diharapkan pemilu berlangsung dengan baik dan hasilnya dapat mencerminkan kehendak dan aspirasi rakyat. Kapolres Sibolga pun menegaskan bahwa pihaknya akan terus berkomitmen untuk menjaga keamanan dan ketertiban Masyarakat dalam setiap tahapan proses Pemilu.

Nias
Kapolres Nias Selatan AKBP Bonney Wahyu Wahyu Wicaksono SIK mengunjungi sejumlah TPS di wilayah Kecamatan Teluk Dalam dan Kecamatan Fanayama, Kecamatan luahagundre maniomolo, serta di beberapa Kecamatan lainnya di wilayah kabupaten Nias selatan, Rabu (14/2).

Kegiatan pemantauan di PPS dilakukan oleh Kapolres Nias Selatan bersama Bupati Nias Selatan Dr Hilarius Duha, SH MH didampingi Danlanal Nias kolonel Wisnu Ardiansyah,SE, MTR,Tr Hanla,MM,Dandim Nias Letkol inf Torang Parulian malau, Pamatwil Kombespol Rudi Rifany, Wakil pamatwil AKBP Luthfi, S.I.K.dan personil Polres Nias Selatan,Brimob,Lanal,Kodim Nias.

Kapolres Nias Selatan AKBP Boney Wahyu menegaskan pentingnya pengamanan dan kesiapan Siagaan personil polres Nias selatan dalam mengamankan TPS pada saat pemilihan sedang berlangsung di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Kami sangat memperhatikan keamanan dan kelancaran proses pemungutan suara di Wilayah Kabupaten Nias Selatan. Kehadiran Forkopimda di sini adalah untuk memastikan bahwa semua kegiatan Pemilu di TPS aman dan lancar,” ungkapnya.

Kapolres Nias Selatan juga memberikan arahan kepada personel TNI Polri dan Linmas yang bertugas di TPS. “Personel Pengamanan dengan panitia TPS agar selalu melakukan Komunikasi dan Koordinasi yang baik supaya proses pemungutan suara di TPS dapat berjalan lancar,” tuturnya.

Selain memantau pengamanan di TPS, Kapolres Nias Selatan juga berinteraksi langsung dengan masyarakat dan mengajak warga untuk ikut serta dalam menjaga keamanan selama proses pemungutan suara berlangsung.

“Peran aktif dari masyarakat sangat diperlukan dalam menjaga ketertiban dan kelancaran proses demokrasi. Mari kita bersama-sama menciptakan lingkungan yang aman, damai dan sejuk selama Pemilu berlangsung,” ajaknya.

“Dengan upaya bersama antara aparat keamanan, Pemerintah dan masyarakat diharapkan Pemilu di wilayah Kabupaten Nias selatan dapat berjalan dengan aman, damai dan lancar,sampai saat ini terpantau situasi TPS masih dalam keadaan aman dan lancar,”pungkasnya.

Sementara itu pada TPS lainnya, dari hasil pantauan awak media pengamanan yang dilakukan Personil Polri khususnya Nias selatan pada setiap TPS tidak diragukan lagi.

Hal itu terlihat dari kesiap Siagaan personil polres Nisel dapat dan fokusnya mereka yang melakukan pengamanan di TPS tersebut.

Dan dari hasil wawancara kepada warga yang ikut memilih di TPS, mereka merasa nyaman dan tidak ada mendapatkan intervensi atau intimidasi dari pihak manapun dalam memberikan hak pilih terhadap salah satu caleg atau pasangan calon presiden tertentu.

Masyarakat menyampaikan bahwa pemilu yang demokrasi benar-benar dilaksanakan di Kabupaten Nias Selatan.

Apresiasi dari tokoh masyarakat atau Rektor UNIRA Nias selatan Dr Martiman S Sarumaha, Mpd dan tim pengajar/dosen UNIRA Sani Ziralou. Mereka mengucapkan terima kasih kepada Kapolres Nias Selatan dan jajarannya yang telah melaksanakan pengamanan pemilu 2024 di Nias selatan dengan maksimal, sehingga Pemilu 2024 di Nias Selatan berjalan dengan aman dan lancar.(m05)

teks;
Kapolda Sumut Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi bersama Pj Gubernur Sumut Hassanudin, Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI Mochammad Hasan saat meninjau Tempat Pemungutan Suara (TPS) saat pemungutan suara, Rabu (14/2).
Waspada/ist.

  • Bagikan