Penang Fair 2023: Sumut Perkenalkan Produk UMKM dan Budaya Daerah

  • Bagikan
Penang Fair 2023: Sumut Perkenalkan Produk UMKM dan Budaya Daerah

Penang (Waspada): Pagelaran Malam Kebudayaan dan Temu Ramah Masyarakat Sumatera Utara dalam rangka Penang Fair 2023, di Pulau Penang Malaysia, Kamis malam (07/12-2023) berlangsung meriah.

Bertempat di Tapak Pesta Pulau Penang Malaysia, acara ini dihadiri sejumlah pejabat dan tokoh penting Sumatera Utara, diantaranya PJ Gubsu yang wakili Sekdaprovsu Dr Arief Sudarto Trinugroho,  Ketua PWI Sumut H. Farianda Putra Sinik, SE .

Sekdaprovsu Dr Arief Sudarto Trinugroho mewakili Pj Gubsu, menyampaikan salam takzim dan terima kasih yang mendalam atas kesempatan Sumatera Utara ikut serta memperkenal produk, adat dan budaya pada Pesta Pulau Penang tahun 2023, setelah hampir 3 tahun Sumut absen karena masalah wabah Covid 19.

“Insya Allah tahun depan akan lebih banyak lagi kita tampilkan beragam produk, seni dan budaya Sumut dalam kegiatan perayaan pesta Pulau Pinang atau Pinang Fair ini,” ujar Sekdaprovsu yang datang bersama istrinya Dian Arief S Trinugroho.

Sementara itu, Kadis Perindustrian, Perdagangan, Energi dan Sumber Daya Mineral (Disperindag ESDM) Sumut Muliadi Simatupang menjelaskan target yang akan dicapai dalam kegiatan Penang Fair ini, diantaranya ada 2 target selain memperkenalkan adat, budaya dan kesenian Sumut juga meningkatkan perekonomian dengan memperkenalkan produk- produk andalan yg berkualitas ekspor.

Diantara produk-produk UMKM berbagai daerah yang diperkenalkan seperti kain ulos dari Suku Batak, anyaman dari Sergai dan kopi dari Tapanuli Selatan.

Muliadi juga menyampaikan apresiasi kepada Panitia Penang Fair yang telah mempersapkan berbagai fasilitas untuk Pemprov Sumut dalam memperkenalkan kesenian, adat dan budayanya.

Selain ini ada juga kegiatan seminar investasi untuk mengajak pengusaha penang malaysia melakukan investasi atau kerjasama ekonomi di Sumut.

“Kita berharap melalui kerjasama-kerjasama yang akan terbangun lewat momen Penang Fair ini, produk-produk UMKM kita bisa naik kelas dan bernilai ekport,” ujar Muliadi dalam acara yang turut dihadiri antara lain, Ketua PWI Sumut H Farianda Putra Sinik SE, Kadis DPMPTST (Perizinan) H Faisal Arif Nasution S Sos Msi, Plt Dirut PD Aneka Jasa dan Industri Sumut H Hidayat Noer.

Selain itu juga hadir Konsul Jenderal RI di Penang Wanton Saragih, Sekwan DPRDSU Zulkifli Chaniago, Dirut Dirga Surya Datuk Yan Abdullah dan Kadis Pariwisata Sumut Zumry Sulthoni. Acara musik dihibur penyanyi Jiwa band dari Penang yang membawa lagu-lagu Batak, Jawa dan Pop Indonesia.

Penang Fair 2023: Sumut Perkenalkan Produk UMKM dan Budaya Daerah

Sementara itu, Kadis Porabudpar (Pemuda Olah Raga Budaya dan Pariwisata Kabupaten Deli Serdang Ismail membawa tim tari serampang 12 yang merupakan warisan budaya Tak Benda Nasional bernama Cipta Pesona. Sedangkan UMKM yang diikut sertakan dari binaan Dekranasda Kabupaten Kota dan Propinsi yang diketua istri Pj Gubsu Dessy Hassanudin. Warga Sumut yang hadir juga dihibur tarian 8 etnis yang ada di Sumut, binaan Dinas Pariwisata Sumut.

Acara juga diselingi saling tukar cenderamata antara Sekdaprovsu dan Konjen RI utk Pulau Pinang (Rel)
 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *