Pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Medan Dilantik

  • Bagikan
PELANTIKAN PAW Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Medan masa bakti 2020-2025, Sabtu (9/3) di Medan. Waspada/ist
PELANTIKAN PAW Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Medan masa bakti 2020-2025, Sabtu (9/3) di Medan. Waspada/ist

MEDAN (Waspada): Pengurus Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Medan Pergantian Antar Waktu (PAW) masa bakti 2020-2025 dilantik dan dikukuhkan pada Sabtu (9/3).

Pelantikan yang dilakukan oleh Wali Kota Medan Bobby Nasution selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang diwakilkan Aisten Umum Ferri Ichsan, diawali dengan pembacaan Surat Keputusan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sumatera Utara Nomor 7 Tahun 2024, tentang Pengurus Cabang Gerakan Pramuka Kota Medan Pergantian Antar Waktu masa Bakti 2020-2025.

Dalam sambutan tertulisnya, Wali Kota mengatakan, Gerakan Pramuka saat ini menghadapi tantangan besar, dimana kondisi sosial kemasyarakatan dan generasi muda saat ini sedang dilanda berbagai pengaruh akibat pesat serta terbuka seluruh informasi.

 Dikatakan, maraknya prilaku negatif hari ini tidak lepas dari terjadinya degradasi karakter tidak hanya pada lapisan masyarakat dewasa, tapi juga sudah merambah usia anak serta remaja.

“Disinilah hendaknya Gerakan Pramuka mengambil peran sebagai satu-satunya penyelenggara sah pendidikan kepramukaan sebagai pendidikan formal,” kata Kak Bobby Nasution. 

Diminta kepada kakak pelatih pembina dan pembina Pramuka harus mampu menginovasi metode kepramukaan yang menghasilkan pendidikan karakter yang efektif untuk setiap golongan usia. “Pendidikan kepramukaan harus mampu menghasilkan generasi mandiri serta inovatif,” ucapnya.

Ia juga menimbau kepada semua Ketua Majelis Pembimbing Ranting agar memberikan perhatian yang cukup pada aktivitas kepramukaan setiap kecamatan masing-masing di wilayah Kota Medan. Sehingga kegiatan dan program pemerintah yang berkaitan dengan pembinaan karakter dapat dikerjakan bersama-sama.

Sementara Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Medan, Topan Obaja Putra Ginting, S/DTP.MSP, menyampaikan ucapan terimakasih kepada Walikota Medan dalam kapasitas sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kota Medan, senantiasa memberikan dukungan dalam bentuk bimbingan dan materil penuh kepada Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Medan, guna menjalankan aktivitas pendidikan kepramukaan.

Disampaikan, aktivitas kepramukaan di Kota Medan diakui mengalami penurunan pascapandemi covid beberapa tahun lalu. Maka dengan telah dilantiknya kepengurusan pergantian antar waktu ini, akan menjadi titik awal semangat untuk bersama dan berkolaborasi memajukan aktivitas kepramukaan di Kota Medan.

 Kwarcab Kota Medan telah memulainya dengan kegiatan pertemuan pembina Pramuka se Kota Medan, dan latihan gabungan peserta didik Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega. 

Selanjutnya akan melakukan konsolidasi dengan seluruh Kwartir Ranting, dan mendorong kembali pembinaan terhadap Gugusdepan Pramuka yang berbasis pada sekolah tingkat SD/MI, SMP/MTS, SMA/SMK/MA dan Perguruan Tinggi.

“Usai pelantikan hari ini juga akan dilaksanakan Rapat Kerja Cabang guna menyerap aspirasi dari seluruh Kwartir Ranting, sehingga dapat dirumuskan program kerja yang berdampak langsung kepada anggota Gerakan Pramuka di Kota Medan,” katanya.

 Adapun Susunan Pengurus Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Medan Pergantian Antar Waktu Masa Bakti 2020-2025 antara lain, Ketua, Topan Obaja Putra Ginting, S.STP, M.Sp, Sekretaris Disti Nuaridho, Bendahara Heri Arma SE.

Wakil Ketua/Ketua Bidang Rencana dan Pengembangan Alexander Sinulingga, Pembinaan Anggota Muda Selva Rayan, Pembinaan Anggota Dewasa Ade Azmil Azhary Nasuiton, Organisasi dan Hukum subhan Fajri Harahap, Kerjasama Antar Lembaga Lilik, Humas dan Media Informasi Sugiatmo, Pengabdian Masyarakat dan Tanggap Bencana Edy Syahputra, Pembinaan Saka, Sako, dan Gugus Darma Kapt. Inf. Abdul Manan Marpaung, Pembinaan Bela Negara sudari, Pendidikan dan Agama Kiky Zulfikar. Kepegurusan juga dilengkapi dengan sekretaris dan anggota masing-masing bidang. (h01)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *