Peran Media Diharapkan Tingkatkan Paritisipasi Masyarakat Di Pemilu 2024

  • Bagikan
DISKUSI Peningkatan Peran Media Di Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024 mendatang, bertempat di Hotel Emerald Garden Medan, Selasa (5/12). Waspada/Partono Budy
DISKUSI Peningkatan Peran Media Di Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024 mendatang, bertempat di Hotel Emerald Garden Medan, Selasa (5/12). Waspada/Partono Budy

MEDAN (Waspada): Peran media diharapkan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat untuk ikut memilih pada pemilihan umum (Pemilu) 14 Februari 2024.

Hal ini mengemuka pada diskusi Peningkatan Peran Media Di Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024 mendatang, bertempat di Hotel Emerald Garden Medan, Selasa (5/12).

Hadir para narasumbernya seperti Anggota Komisi Informasi Publik (KIP) Provinsi Sumut, M Syafi’i Sitorus, Anggota KPU Sumut, Sitori Mendrofa dan Wakil Ketua PWI bidang Pendidikan PWI Sumut, Sugiatmo tersebut, dan puluhan insan media cetak, elektronik maupun online.

Ketua Divisi SDM KPU Sumatera Utara, Robby Effendi menyebutkan, pers telah menjadi mitra bagi KPU tidak hanya berperan menyampaikan informasi tentang kepemiluan, akan tetapi menjadi mitra sebagai pengawas partisipatif. “Kita berharap melalui peran dan fungsi pengawasan konstruktif, diharapkan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam memilih,” kataya.

“Pada prinsipnya pemilu tidak hanya pergelaran bagi peserta pemilu ataupun pemilih. Akan tetapi, pagelaran bagi semuanya termasuk pengawas, pers dan masyarakat seluruh Indonesia,” ujarnya.

“Pada hakikatnya Pemilu tidak hanya tanggung jawab KPU, tetapi masyarakat luas termasuk pers,” imbuh Robby, didampingi anggota KPU Sumut lainnya Raja Ahab dan Sitori Mendrofa.

Dalam beberapa kesempatan rakor di KPU Pusat, selalu ditegaskan pers sebagai mitra stratgis dalam menyambung informsai kegiatan KPU demi peningkatan partisipasi pemilih,” katanya didampingi anggota KPU Sumut lainnya Raja Ahab dan Sitori Mendrofa.

Robby menjelaskan, diskusi yang digelar ini diharapkan menghasilkan berbagai masukan mengenai pola-pola kerjasama antara KPU Sumatera Utara dengan kalangan media.

Hal ini menjadi penting mengingkat KPU Sumut juga memiliki tugas menyukseskan pemilu termasuk beban moral untuk meningkatkan partisipasi pemilih.

“Hanya saja perlu kita pahami bersama bahwa KPU ini berbeda dengan instansi lain yang dipimpin seorang dengan sebutan jabatan kepala. Kalau kami pimpinannya disebut ketua yang artinya semua kebijakan harus dibicarakan untuk diputuskan,” ungkapnya.

Selain itu, melalui kegiatan ini KPU Sumut juga berharap peran serta dari seluruh kalangan media dalam mempublikasikan berbagai kegiatan yang sudah mereka lakukan berkaitan dengan tahapan pemilu.

Di antaranya yakni rekrutmen KPPS yang akan berlangsung pada 11 Desember 2023 mendatang hingga informasi mengenai pergerakan distribusi pemilu 2024 yang sudah mulai berjalan ke beberapa daerah. (cpb)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *