Perayaan Deepavali Diadakan Di Little India, Wali Kota Medan : Agar Seluruh Masyarakat Dapat Saling Mengenal Dan Menghargai

  • Bagikan
WALI Kota Medan, Bobby Nasution saat menghadiri acara perayaan Deepavali tahun 2023, Sabtu (9/12) malam. Waspada/Ist
WALI Kota Medan, Bobby Nasution saat menghadiri acara perayaan Deepavali tahun 2023, Sabtu (9/12) malam. Waspada/Ist

MEDAN (Waspada): Perayaan Deepavali tahun 2023 yang diselenggarakan Pemko Medan terasa berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Dimana perayaan hari besar keagamaan umat Hindu tersebut digelar disepanjang jalan Zainul Arifin atau tepatnya di Little India. Hal ini dikatakan Wali Kota Medan, Bobby Nasution bertujuan agar seluruh masyarakat Kota Medan dapat saling mengenal dan menghargai baik itu adat istiadat, budaya dan juga ajaran agama.

“Tahun-tahun sebelumnya perayaan Deepavali kita rayakan di dalam ruangan (indoor), namun kali ini kita adakan di tempat terbuka, sehingga seluruh masyarakat kota Medan dapat mengenal apa itu perayaan Deepavali,” kata Wali Kota Medan, Bobby Nasution saat menghadiri acara perayaan Deepavali tahun 2023, Sabtu (9/12) malam.

Dalam perayaan Deepavali yang juga turut dihadiri Wakil Wali Kota Medan, H. Aulia Rachman, unsur Forkopimda Kota Medan, Ketua TP PKK Kota Medan, Ny Kahiyang Ayu M. Bobby Nasution, Sekda Kota Medan, Wiriya Alrahman, pimpinan Perangkat Daerah beserta Camat sekota Medan ini,  Wali Kota Medan, Bobby Nasution juga mengatakan perayaan Deepavali atau biasa dikenal dengan sebutan festival cahaya sudah diperingati sejak 2.500 tahun yang lalu, oleh karena itu Pemko Medan berkeinginan agar setiap hari besar keagamaan masyarakat kota Medan dapat dirayakan bersama.

“Suka cita dan kegembiraan dalam setiap perayaan hari besar keagamaan harus kita rasakan bersama. Untuk itu dalam perayaan Deepavali tahun ini, mari sama-sama kita ikut memaknai perayaan ini sebagai kemenangan atas kegelapan menuju cahaya yang lebih terang lagi kedepanya,”ajak Wali Kota Medan, Bobby Nasution seraya mengucapkan selamat merayakan hari Deepavali bagi masyarakat kota Medan.

Kemeriahan perayaan Deepavali tahun 2023 ini juga mendapat apresiasi dari Ketua Parisada Hindu Darma Indonesia (PHDI) Kota Medan, Suben Thiren, menurutnya Wali Kota Medan, Bobby Nasution merupakan sosok yang bersahabat dengan semua suku dan agama.

“Kami bangga memiliki pemimpin seperti bapak yang bersahabat dengan semua suku dan semua agama. Karenanya kami ucapkan terimakasih kepada Pak Wali Kota yang sudah menggelar perayaan Deepavali di Little India,”ujarnya sembari juga menyampaikan masyarakat Hindu siap untuk mendukung program Pemko Medan.

Sebelumnya Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Medan, Benny Sinomba Siregar dalam laporanya mengatakan perayaan Deepavali atau festival cahaya ini menjadi momentum dalam mempererat kerukunan antar umat beragama dan persatuan bangsa. 

“Sebagai kota yang dihuni oleh masyarakat dari berbagai suku dan agama, Pemko Medan memiliki kewajiban untuk merayakan setiap hari besar keagamaan. Karena perbedaan ini merupakan aset berharga yang dimiliki kota Medan sehingga harus terus dijaga keharmonisanya,”kata Benny Sinomba Siregar.

Serangkaian kegiatan juga telah dilakukan dalam perayaan Deepavali 2023 diantaranya pemeriksaan kesehatan secara gratis, donor darah, dan bazar UMKM. (rel)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *