Perayaan Natal Oikumene 2023 Unimed Penuh Hikmat

  • Bagikan
Perayaan Natal Oikumene 2023 Unimed Penuh Hikmat

MEDAN (Waspada): Civitas Universitas Negeri Medan (Unimed) melaksanakan Perayaan Natal Oikumene penuh hikmat yang dihadiri ribuan umat nasrani, baik dari pimpinan, dosen, pegawai dan mahasiswa. Perayaan Natal ini dilaksanakan, Jumat, 8 Desember 2023 di Gedung Auditorium Unimed.

Selain umat nasrani, pada pembukaan acara juga dibuka oleh Rektor Unimed Prof. Dr. Baharuddin, ST., M.Pd., dan dihadiri Ketua Senat Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd., WR I Dr. Abil Mansyur, WR II Winsyahputra Ritonga, M.Si., Dekan, Direktur Pascasarjana dan Ketua Lembaga. Ketua Panitia Pelaksana Prof. Dr. Erond Litno Damanik, M.Si., Pengkhotbah pada perayaan Natal Oikumene ini adalah Pdt. Henri Napitupulu, M.Th. dan Pastor Dr. Yakobus.

Tujuan dari kegiatan ini yakni penguatan nilai-nilai agama umat Nasrani sebagai upaya menyatukan kebersamaan dan komitmen untuk lebih berkinerja baik dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab masing-masing.

Perayaan natal tahun 2023 ini mengambil tema “Kemuliaan bagi Allah di tempat yang Mahatinggi dan damai sejahtera di bumi di antara manusia yang berkenan kepada-Nya (Lukas 2 : 14) ”, dan mengangkat sub tema: “Membangun Sumber Daya Manusia yang Unggul bagi Bangsa dan Kemuliaan Allah adalah Wujud Kehadiran Damai Sejahtera di Universitas Negeri Medan”.

Rektor Unimed Prof. Dr. Baharuddin, ST., M.Pd., dalam sambutanya saat membuka acara mengatakan, kita harus bersyukur dan berterima kasih kepada para pendahulu kita di Unimed, karena sejak dulu Unimed ini sudah dibangun kebersamaan dan saling toleransi dalam beragama dan beribadah di kampus.

Seluruh warga Unimed bebas melakukan kegiatan agama yang diyakini, namun tetap menyampaikan kepada kami pimpinan agar jika ada sesuatu hal kita dapat mengetahuinya.

“Kita sangat beruntung, apabila semua warga Unimed dekat kepada Tuhan dan ibadahnya sangat baik akan berdampak pada kepribadian dan rasa tanggung jawab dalam melaksanakan tupoksinya di kampus. Kinerjanya juga akan semakin bagus dan berprestasi,” ujarnya.

Rasa mengajak kita semua warga Unimed, mari kita bangun kampus kebanggaan kita Unimed agar menjadi kampus yang nyaman, maju dan unggul.

“Saya yakin pasti kita bisa maju bersama melalui menjaga keberagamaan dan toleransi di kampus ini. Tema yang diangkat dalam perayaan Natal kali ini sangat menarik kita renungkan. Secara harafiah sangat mudah dimengerti, namun dalam pelaksanaannya saya yakin perlu usaha keras untuk menjadi SDM yang unggul bagi bangsa dan negara,” katanya.

Lanjut Rektor, perayaan hari-hari besar agama di Indonesia seperti halnya perayaan Natal kali ini sangat penting dan perlu diselenggarakan.

Karena, melalui kegiatan seperti inilah pertumbuhan karakter sesuai dengan nilai-nilai agama akan semakin tertanam dalam diri manusia, sehingga dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan demikian, interaksi sesama manusia khususnya internal civitas akademika Unimed akan dilandasi dengan rasa kasih, persahabatan dan persaudaraan.

Rasa ini jugalah yang saya yakini dapat menggerakkan seluruh komponen sumber daya yang kita miliki untuk mencapai Universitas yang unggul secara nasional dan diakui di dunia internasional.

Bersyukur

Sebagai Ketua Pelaksana Prof. Dr. Erond Litno Damanik, M.Si., dalam sambutannya mengatakan, kita merasa bersyukur karena tahun 2023 ini bisa melaksanakan Natal di Universitas Negeri Medan. Tiga tahun terakhir ini kita tidak bisa melaksanakan perayaan Natal berhubung karena pandemi Covid-19.

Tahun ini kita berupaya menggeliatkan kembali untuk menghidupkan kembali, salah satu tujuannya bukan untuk kelahiran Tuhan kita, tapi juga muatan terbesarnya untuk meningkatkan silaturahmi, jika tiga tahun terakhir kita jarang berkomunikasi.

Jarang juga bertemu karena alasan pembatasan jarak di tahun ini dan tahun ke depan kita berharap bahwa perayaan Natal ini bisa menghadirkan suasana yang baik, terutama untuk menciptakan kenyamanan di Universitas Negeri Medan.

Subtema dalam Natal ini adalah menciptakan SDM yang unggul. “Kami yakin kerja sama SDM Unimed, niscaya tujuan itu bisa kita capai, dengan begitu kita bersatu dan guyup seluruhnya, maka semua rencana Unimed bisa tercapai,” imbuhnya.

Selaku Ketua Forum Pelayanan Kristiani Prof.Dr.Efendi Napitupulu mengatakan, hari ini adalah hari yang kita tunggu-tunggu bisa berkumpul, karena selama tiga tahun ini kita tidak dapat merayakan Natal karena adanya pandemi.

Oleh karena itu, kita juga berharap damai tercipta di Universitas Negeri Medan ini. Kami merasakan begitu luar biasa kenyamanan dan juga rasa damai dan kampus yang kondusif di Universitas Negeri Medan ini.

“Semoga dengan Natal ini siraman rohani kepada kita dan menguatkan keimanan kita, sehingga iman dan kepercayaan kita menjadi lebih kuat, untuk memberikan damai kepada sesama kita,” pungkasnya.(m19)


Waspada/Ist
Suasana perayaan Natal Oikumene Unimed.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *