Pj. Bupati Batubara Diminta Antisipasi Gejolak Politik

  • Bagikan
Pj. Bupati Batubara Diminta Antisipasi Gejolak Politik

MEDAN (Waspada): Penjabat (Pj) Gubsu Hassanudin, menyampaikan arahan kepada Pj. Bupati Batubara Nizhamul. Diantaranya, mengendalikan inflasi, serta mengantisipasi gejolak politik di masyarakat.

Pj. Gubsu Hassanudin, menyampaikan arahan itu saat Nizhamul sebagai Pj.Bupati Batubara, Rabu (27/12). Pelantikan dilaksanakan di Aula T.Rizal Nurdin, rumah dinas Gubsu. Arahan yang disampaikan Hassanudin, termasuk dalan delapan arahan dari Presiden RI Joko Widodo. (Jokowi).

Kata Hassanudin, sesuai arahan Presiden, maka Nizhamul, diminta untuk arahan mengendalikan inflasi, dengan menjaga stabilitas harga barang kebutuhan pokok di pasar. Kemudian, mengalokasikan anggaran untuk stimulus ekonomi dan bantuan sosial kepada masyarakat, waspada terhadap dampak dari fenomena elnino, menyederhanakan prosedur dan tata kelola, khususnya dalam hal pelayanan perizinan bagi investor. Serta juga, mengantisipasi gejolak politik sekecil apapun yang dapat memicu terganggunya stabilitas ketentraman dan ketertiban masyarakat.

“Presiden juga memberikan arahan agar mendukung program prioritas pemerintah, seperti penurunan stunting, dan hilirisasi industri. Kemudian memberantas peredaran dan penggunaan Narkoba, serta memberikan sanksi yang tegas bagi pelanggarnya,” ujar Hassanudin.

Hassanudin mengaku yakin, Nizhamul mampu mengemban dan menjalankan tugas, serta tanggung awab sebagai Pj. Bupati Batubara, berdasarkan pengalaman sebagai birokrat, baik di pemerintahan daerah maupun di pusat. Nizhamul, adalah Kepala Biro Perencanaan dan Organisasi Kemenko Polhukam RI.

Untuk di Kabupaten Batubara, lanjut Hassanudin, pertumbuhan indeks pembangunan manusia (IPM) pada tahun 2023 sebesar 72,56%, atau meningkat 1,13% bila dibanding tahun 2022. Hassanudin berharap agar tren positif ini terus ditingkatkan melalui program yang akan dilaksanakan. “Kami mengingatkan agar bupati fokus kepada pembangunan daerah dan pelayanan publik bagi masyarakat. Terutama dalam melakukan pengendalian inflasi, menstabilkan ketahanan pangan dan ketersediaan stok pangan, sehingga harga tetap terjaga,” ujarnya.

Sementara itu, Pj. Bupati Batubara Nizhamul mengatakan, akan menjalankan program pemerintahan yang sudah baik. Untuk itu, pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemprov Sumut dan perangkat daerah untuk menjalankan program yang telah ada sebelumnya.

“Ke depan saya akan melanjutkan program yang sudah baik, menjalankan apa yang diarahkan oleh Presiden RI, bekerja sama dan berkoordinasi pastinya dalam pelaksanaan program pembangunan Kabupaten Batubara,” ucapnya.

Diketahui, Nizhamul dilantik jadi Pj. Bupati Batubara menggantikan Bupati Batubara Zahir dan Wakil Bupati Batu Bara Oky Iqbal Frima yang masa jabatannya berakhir 27 Desember 2023. Nizhamul menjadi Pj. Bupati Batubara hingga setahun ke depan. (m07)

Waspada/Ist
Pj.Gubsu Hassanudin, memasang tanda jabatan sebagai Pj. Bupati Batubara kepada Nizhamul.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *