PKM-PM UMA Gelar Pengabdian Masyarakat Di SMK SPP Snakma Muhammadiyah

  • Bagikan
PKM-PM UMA Gelar Pengabdian Masyarakat Di SMK SPP Snakma Muhammadiyah

MEDAN (Waspada): Tim Program Kreativitas Mahasiswa Universitas Bidang Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-PM) Universitas Medan Area (UMA) mengadakan Pengabdian Masyarakat di SMK SPP Snakma Muhammadiyah, Pancurbatu, Deliserdang, Kamis (14/9).

Dhony selaku ketua tim, di Medan, Sabtu (2/12) menjelaskan bahwa PKM-PM merupakan sebuah program yang di kreativitas mahasiswa pada bidang pengabdian masyarakat dalam pengaplikasian ilmu pengetahuan yang telah dikaji sebelumnya.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dihadiri oleh siswa kelas Xl (Sebelas) SMK SPP Snakma Muhammadiyah yang berjumlah sekitar 30 orang dan diikuti oleh beberapa staf pengajar. “Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan memperkenalkan metode smart farming yang merupakan metode pertanian yang berbasis teknologi modern dan memberikan pemahaman kepada siswa-i SMK SPP Snakma Muhammadiyah terkait dunia pertanian,” tuturnya.

Dia menjelaskan, program ini merupakan wadah untuk memperkenalkan kepada orang-orang terkait dunia pertanian yang memiliki keterbatasan lahan. Karenanya, smart farming hadir untuk memberikan solusi kepada orang-orang bahwasanya bertani juga dapat dilakukan walaupun dilahan yang minim.

“Mahasiswa yang ikut andil dalam PKM-PM di SMK SPP Snakma Muhammadiyah telah melakukan beberapa tahap perizinan untuk pada akhirnya bisa melakukan pengabdian masyarakat,” paparnya.

Lebih jauh diuraikan bahwa mahasiswa yang berkontribusi pada PKM-PM ini yaitu Dony Joshua Sitorus, Muhammad Rizky Fadillah, Saprelli Harefa dan Elisabeth Simanjuntak yang merupakan mahasiswa Fakultas Pertanian pada Program Studi Agribisnis UMA.

Kegiatan ini memiliki serangkaian program yaitu, persiapan, pengenalan, pelatihan, fasilitas & pendampingan dan kemudian evaluasi program. “Terkait pelatihan terdapat 3 sesi, Pelatihan 1 yaitu Brainstorming Profesi Petani dan Pertanian 4.0. Pelatihan ke-2 berisi materi tentang Pelatihan Teknologi Pertanian dengan ‘Aquaponik’. dan Pelatihan ke-3 yaitu Teknik Panen dan Pengemasan Produk Pertanian,” katanya.(m05)

Teks;
Tim Program Kreativitas Mahasiswa Universitas Bidang Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-PM) Universitas Medan Area (UMA) berfoto bersama Siswa SMK SPP Snakma Muhammadiyah, Pancurbatu, Deliserdang.
Waspada/ist.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *