PMDI Sampaikan 9 Himbauan Sambut Bulan Suci Ramadhan 1445 H

  • Bagikan
PMDI Sampaikan 9 Himbauan Sambut Bulan Suci Ramadhan 1445 H

MEDAN (Waspada): Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1445 H/2024 M, pimpinan Perhimpunan Masyarakat Dakwah Indonesia (PMDI) menyampaikan 9 taushiah/himbauan kepada masyarakat Sumut khususnya serta Indonesia dan dunia umumnya.

Hal itu dikatakan DR. Hasanuddin Hasibuan, Lc. MA. Prof. DR. Syahrin Harahap, MA selaku Ketua Dewan fatwa PMDI dan Ketua PMDI dalam siaran pers yang salinannya diterima Waspada, Jumat malam (8/3).

Dikatakan, PMDI mengutip QS. 2/ al-Baqarah: 183 yang menyebutkan “Wahai orang-orang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas umat￾umat sebelum kamu, agar kamu bertakwa.”

Kemudian QS. 2/ al-Baqarah: 185:”Yaitu pada bulan Ramadhan. Bulan yang di dalamnya diturunkan Alquran, sebagai petunjuk hidup bagi umat manusia serta penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara hak dan bathil). (QS. 2/ al-Baqarah: 185)

Maka dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1445 H/2024 M, pimpinan PMDI menyampaikan taushiah/himbauan kepada masyarakat
Sumatera Utara khususnya serta Indonesia dan dunia umumnya, sebagai berikut:

  1. Umat Islam dapat menghormati perbedaan paham dan sikap dalam penetapan awal Ramadhan dan Hari Raya ‘Idul Fitri dengan mengedepankan ukhuwah Islamiyah.
  2. Kaum muslimin hendaknya menghidupkan siang dan malam-malam Ramadhan dengan memperbanyak amal saleh, seperti menjalankan kewajiban puasa Ramadhan, memperbanyak sedekah, melaksanakan salat tarawih, tadarus al-Qur’ân, dan lain sebagainya.
  3. Umat Islam hendaknya menghormati perbedaan pelaksanaan salat tarawih dengan jumlah raka’at yang tidak sama. Karena masing-masing memiliki dasar yang kuat.
  4. Menyerukan kepada seluruh kaum muslimin, kiranya menggalakkan kegiatan menuntut ilmu keislaman selama Ramadhan dan selanjutnya. Antara lain dengan mengadakan dan mengikuti kajian keislaman di masjid dan tempat-tempat lainnya; mengadakan tadarus al-Qur’ân sebagai sarana meningkatkan kemampuan membaca dan memahami al-Qur’ân.
  5. Bagi para aghniya (orang kaya) kiranya menunaikan zakat mal-nya serta memberikan santunan kepada orang-orang yang membutuhkan 6. Kaum Muslimin agar menyalurkan zakat fitrah di waktu yang tepat sesuai arahan panitia zakat fitrah.
  6. Kepada para penerima zakat agar menggunakan zakat yang diterima kepada pemanfaatan yang tepat dan sebaik-baiknya.
  7. Kepada para pemilik rumah makan, restoran, dan kuliner lainnya, agar menjaga kemuliaan bulan suci Ramadhan dengan cara antara lain, memperhatikan waktu berjualan sesuai dengan syari’at Islam.
  8. Kepada para orang tua, agar memberikan bimbingan kepada anak-anaknya, terutama yang masih remaja, agar benar-benar menjaga kemuliaan bulan suci Ramadhan.

“Semoga Allah Swt. memberikan kesehatan dan kelapangan serta menerima amal ibadah kita. Âmîn,” tutup siaran PMDI. (m29)

PMDI Sampaikan 9 Himbauan Sambut Bulan Suci Ramadhan 1445 H
. Prof. DR. Syahrin Harahap, MA Ketua PMDI
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *