PN Medan Sosialisasi SMAP Ke Masyarakat

  • Bagikan
KETUA PN Medan Victor Togi Rumahorbo menyosialisasikan SMAP ke masyarakat di seputaran Jl Pengadilan, Jumat (1/3). Waspada/Rama Andriawan
KETUA PN Medan Victor Togi Rumahorbo menyosialisasikan SMAP ke masyarakat di seputaran Jl Pengadilan, Jumat (1/3). Waspada/Rama Andriawan

MEDAN (Waspada): Pengadilan Negeri (PN) Medan menyosialisasikan kepada masyarakat terkait pembangunan zona integritas dan pembangunan Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP), Jumat (1/3). Sosialisasi itu digelar bersamaan dengan acara jalan santai dalam rangka Public Campaign.

Dari pantauan di lokasi, setelah melaksanakan jalan santai, Ketua PN Medan Victor Togi Rumahorbo SH MH bersama Wakil Ketua PN Medan Agus Waluyo Tjahjono SH M.Hum didampingi Ketua Pembina Olahraga PN Medan As’ad Rahim Lubis SH MH dan Humas PN Medan Soniady Drajat Sadarisman SH MH, para Hakim serta Panitera PN Medan turut membagikan bunga, brosur SAMP dan coklat kepada masyarakat pengguna jalan.

Ketua PN Medan Victor Togi Rumahorbo mengatakan kegiatan jalan santai ini diselenggarakan sehubungan dengan mengadakan Publik Campaign, dikarenakan PN Medan dipercaya oleh Mahkamah Agung (MA), untuk membangun sistem manajemen anti penyuapan atau SMAP.

“Kemudian sertifikasi mutu Peradilan unggul dan tangguh atau ampuh dan pembangunan Zona Integritas,” katanya kepada wartawan.

Ditegaskan Victor Togi Rumahorbo, kegiatan ini juga bertujuan agar masyarakat khususnya pencari keadilan dapat mengetahui bahwa PN Medan sedang membangun hal tersebut.

“Maka dari itu, kami mensosialisasikan kepada masyarakat, supaya mereka membantu kami. Jika seandainya masyarakat ada yang berperkara di Pengadilan Negeri Medan ini, agar tidak memberikan suap, tidak memberikan gratifikasi, tidak memberi amplop atau sejenis lainnya. Itulah intinya Publik Campaign ini dilaksanakan sekaligus olahraga bersama dengan menggelar jalan santai,” sebutnya.

Dengan adanya kegiatan ini, Ia berharap kepada masyarakat dapat membantu PN Medan dalam membangun sistem Manajemen SMAP.

“Sekiranya masyarakat bisa membantu kami, karena sebuah kepercayaan yang diberikan MA harus dipertahankan dan kami pertanggungjawabkan. Karena dari 382 satker di Indonesia hanya beberapa satker yang dipercayakan untuk membangun anti penyuapan ini,” tegasnya sembari mengatakan kegiatan ini terus berlanjut, baik di internal maupun eksternal.

Selain itu, sambungnya, PN Medan juga telah memilih 4 orang Duta Pelayanan Tahun 2024, yang bertugas memberikan bantuan pelayanan prima kepada masyarakat atau pengunjung di PN Medan.

“Diharapkan dengan adanya Duta Pelayanan akan semakin memudahkan pelayanan bagi pencari keadilan dan penganugerahan SMAP, Ampuh dan ZI dapat diraih,” pungkasnya.

Diketahui dalam kegiatan jalan santai yang diikuti sekitar 120 orang dari keluarga besar PN Medan, Posbakum dan Forwakum Sumut tersebut dimulai sekitar pukul 07.30 hingga pukul 09.00 WIB.

Adapun rute tersebut yakni diawali dari Jalan Pengadilan-Jalan Imam Bonjol-Jalan RA Kartini-Jalan Diponegoro dan Finish di Gedung Pengadilan Negeri Medan dengan waktu tempuh 3.023 meter. (m32)

  • Bagikan