Prodi Ilmu Keolahragaan Unimed Dan PPLP Sumut Teken Kerjasama

  • Bagikan
KETUA Prodi IKOR berfoto bersama ketua PPLP Sumut dan mahasiswa. Waspada/Ist
KETUA Prodi IKOR berfoto bersama ketua PPLP Sumut dan mahasiswa. Waspada/Ist

MEDAN (Waspada): Ketua Program Studi Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Medan (Unimed), Zulaini, SKM., M.Kes. AIFO melakukan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) dan Implementation Agreement (IA) dengan Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga, Pelajar (PPLP) Provinsi Sumatera Utara, Selasa (19/3).

Hadir Ketua PPLP Sumut, Apri Sugiarto,SE, Sekretaris Program Studi(Prodi) Ilmu Keolahragaan Unimed, Puji Ratno,S.Si.,M.Pd, kepala bidang pembinaan dan pengasuhan, kepala sub bagian tata usaha serta mahasiswa Program Studi Ilmu Keolahragaan.

Sekretaris Prodi Ilmu Keolahragaan Unimed, Puji Ratno,S.Si.,M.Pd, mengatakan, penandatanganan MoA dan IA ini adalah sebagai upaya pencapaian IKU 6 yaitu bekerjasama dengan mitra sebagai wujud pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi khususnya penelitian. Saat ini ada dua mahasiswa Prodi Ilmu Keolahragaan yang akan melakukan penelitian di PPLP Sumut yaitu atas nama Jenifer Agnes Simorangkir dan Junsicho P.H. Malau.

Katanya, PPLP/PPLP-D adalah wadah pembibitan olahragawan pelajar berbakat dalam rangka untuk menghasilkan olahragawan pelajar yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berprestasi, unggul, disiplin, bertanggung jawab dan memiliki jiwa sportifitas yang diharapkan dapat membawa nama baik dan kehormatan daerah dibidang olahraga.

Ia mengatakan, keberadaan PPLP/PPLP-D Provinsi Sumatera Utara merupakan wadah yang strategis untuk membina olahragawan potensial di usia pelajar dari kabupaten/kota se-Sumatera Utara yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dengan proses pembinaan atlet unggulan di tingkat Provinsi Sumatera Utara yang dikemas secara berjenjang dan berkelanjutan sesuai dengan usianya dalam rangka menciptakan atlet-atlet berprestasi baik secara akademis dan berprestasi olahraga pada tingkat nasional, regional, dan internasional.

Katanya, pembinaan dibidang akademik dilakukan di sekolah umum sesuai dengan jenjang pendidikannya dan pembinaan dibidang olahraga dilakukan dibawah bimbingan pelatih yang memiliki kompentensi sebagai pelatih yang ditetapkan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatera Utara, BAPOPSI Sumatera Utara bekerjasama dengan induk organisasi olahraga terkait.

Ada 11 cabang olahraga yang aktif di PPLP SUMUT di antaranya adalah 7 cabang olahraga bela diri yaitu : tinju, wushu, judo, gulat, taekwondo, karate dan pencak silat 4 lainnya diantaranya adalah : panahan, sepak bola, atletik dan angkat besi.

Dia mengatakan, kerjasama antara Prodi Ilmu Keolahragaan Unimed dengan PPLP Sumut sebelumnya sudah berjalan baik dengan menjadi partner dalam hal perkembangan dunia keolahragaan, Prodi Ilmu Keolahragaan dalam hal ini banyak melakukan kerjasama dengan membuat sebuah sosialisasi maupun penelitian yang melibatkan atlet PPLP, namun baru terbentuk resmi pada tahun 2022 yang disepakati dan ditanda tangani oleh kedua belah pihak baik dilakukan di PPLP Sumut maupun di lingkungan Unimed.

Dalam hal kerjasama antar lembaga ini tentunya perguruan tinggi menyumbangkan pengetahuan Sport Science yang berguna untuk pembinaan yang dilakukan oleh PPLP, Apri Sugiarto selaku ketua UPT PPLP SUMUT mengatakan bahwa dengan adanya prodi Ilmu Keolahragaan, PPLP merasa sangat terbantu, beliau juga mengatakan akhirnya mengetahui bahwa olahraga itu terukur dan pembinaan yang dilakukan sudah on the track atau tidak, PPLP sangat terbantu dalam hal pembinaan atlet secara metedologi yang benar dengan Sport Science yang dibawakan oleh akademisi dari prodi Ilmu Keolahragaan.

Sementara Apri Sugiarto mengatakan bahwa Sport Science mulai di gunakan dan dikembangkan pada tahun 2012 oleh PPLP Sumut, Prodi Ilmu Keolahragaan banyak menyumbang ilmu pengetahuan terkait Sport Science pada PPLP Sumut, Hal ini terwujud dalam keterlibatan IKOR dalam hal-hal praktis seperti seleksi atlet dan perkembangan prestasi atlet pada PPLP Sumut.

Tidak sedikit juga akademisi Prodi Ilmu Keolahragaan baik itu mahasiswa maupun dosen yang melakukan penelitian yang bekerjasama dengan PPLP Sumut, Baik dalam hal pekembangan dunia olahraga maupun sistem pembinaan yang dilakukan oleh PPLP Sumut, Apri Sugiarto juga selalu berkoordinasi dengan prodi Ilmu Keolahragaan terkait pembinaan yang dilakukan diantara adalah menghadirkan Fisiotherapy, Psikolog dan Pelatih Fisik yang berkompeten dari akademisi Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Medan.

Pada tahun 2024 selain menjalin kerjasama dengan PPLP Sumut, Prodi Ilmu Keolahragaan juga menjalin kerjasama dengan mitra yang memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukan magang selama 1 semester, seperti PT.Kelas Fitness Indonesia, Vizta Gym, Roxit Gym, Good Sport Massage, KONI Sumut serta Persatuan Cricket Indonesia (PCI) Sumut. Ketua Program Studi Ilmu Keolahragaan Unimed, Zulaini, berharap kerjasama ini dapat memberikan kontribusi yang bermanfaat bagi mitra serta saling menguntungkan untuk mencapai tujuan tertentu sehingga dapat meningkatkan kualitas dalam hal pendidikan, penelitian serta pengabdian masyarakat.(m19)

  • Bagikan