Prof Hatta Harapkan Wakil Ketua III Baznas Optimal Dalam Bertugas

  • Bagikan
Prof Hatta Harapkan Wakil Ketua III Baznas Optimal Dalam Bertugas

MEDAN (Waspada): Ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Sumatera Utara Prof. Mohammad Hatta, berharap Wakil Ketua III lebih optimal dalam bertugas.

Hal itu disampaikannya,Senin(15/1) disela pelantikan Armansyah sebagai Wakil Ketua III Baznas Provinsi Sumatera Utara, Pengganti Antar waktu (PAW) sisa masa jabatan 2022 – 2027, di Pendopo Lantai 9, Kantor Gubernur Sumatera Utara, Jalan Diponegoro Nomor 30 Medan.

Prof Hatta mengatakan, dengan dilantiknya Wakil Ketua III, akan dapat lebih mengoptimalkan tugas Baznas dalam rangka pengumpulan dan pendistribusian zakat yang ada di Provinsi Sumut.
“Baznas menghimpun dan menyalurkan zakat, infaq dan sedekah dari muzaki kepada mustahik yang membutuhkan melalui berbagai program pendistribusian dan pendayagunaan yang tepat sasaran. Maka mengemban tugas ini perlu keseriusan,”ungkap Prof.Hatta.

Sebelumnya saat pelantikan oleh Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin, yang melantik Armansyah sebagai Wakil Ketua III Baznas Provinsi Sumatera Utara, Pengganti Antar waktu (PAW) sisa masa jabatan 2022 – 2027.

Dalam sambutannya, Pj Gubernur mengatakan, keberadaan Baznas sebagai lembaga pemerintah non struktural sangat membantu beban pemerintah, terutama dalam menangani masalah kemiskinan dan secara tidak langsung membantu APBN dan APBD.

“Untuk itu, ada beberapa faktor yang mendukung keberhasilan dari zakat ini, yang pertama regulator dari pemerintah mulai dari undang-undang, peraturan pemerintah, instruksi presiden, hingga peraturan Amil Zakat Nasional,”ujarnya.

Kemudian tambahnya, Kantor Kementerian Agama menjadi motivator menyadarkan masyarakat untuk mengeluarkan zakat, baik melalui sosialisasi, seminar dan pelatihan. Selanjutnya Baznas harus menjadi koordinator pengumpulan zakat dan pendistribusiannya. Terakhir faktor yang ke empat, yaitu dukungan dari Pemda setempat untuk kelancaran pengumpulan zakat dan pendistribusiannya.

Untuk itu, Pj Gubernur berharap, dengan lengkapnya kepengurusan Baznas Sumut saat ini, diharapkan dapat terus meningkatkan kinerjanya, sehingga keberadaanya dapat dirasakan seluruh lapisan masyarakat dan pengurus Baznas harus bisa meluruskan niat dalam mengemban amanat yang diberikan masyarakat untuk mengurus zakat, infak dan sedekah di Sumut.

“Atas nama Pemprov Sumut, kami ucapkan selamat kepada Bapak Armansyah yang telah dilantik sebagai Wakil Ketua III Baznas Sumut. Diharapkan berkontribusi ikut memajukan Baznas Sumut,”pungkasnya.

Turut hadir pula pada kegiatan tersebut, OPD Pemprov Sumut, Dirut Bank Sumut Babay Parid Wazdi, Direktur Utama Perumda Tirtanadi Kabir Bedi dan Pengurus Baznas Kabupaten/Kota se-Sumut.(m22)

Waspada/ist
Pj Gubernur Sumatera Utara Hassanudin, yang melantik Armansyah sebagai Wakil Ketua III Baznas Provinsi Sumatera Utara.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *