Prudential Indonesia Dorong Penetrasi dan Inklusi Asuransi Melalui Tenaga Pemasar Berkualitas

  • Bagikan
RUSLI Chan (berdiri di tengah), Chief Agency Officer Prudential Indonesia, bersama Tenaga Pemasar Prudential Indonesia yang tergabung dalam Million Dollar Round Table (MDRT). Waspada/ist
RUSLI Chan (berdiri di tengah), Chief Agency Officer Prudential Indonesia, bersama Tenaga Pemasar Prudential Indonesia yang tergabung dalam Million Dollar Round Table (MDRT). Waspada/ist

MEDAN (Waspada): PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) terus meningkatkan standar kualitas pelayanan dan profesionalisme tenaga pemasarnya. Dengan begitu, lebih banyak masyarakat Indonesia merasakan manfaat optimal dari asuransi, dan memiliki ketahanan finansial yang terjaga kokoh termasuk menghadapi risiko kehidupan di masa kini dan mendatang.

Pasalnya, literasi asuransi di Indonesia masih rendah dan lebih rendah lagi inklusi asuransi. Hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) OJK pada tahun 2022, menunjukkan indeks literasi asuransi masyarakat Indonesia sebesar 31,72% lebih rendah dibandingkan literasi perbankan sebesar 49,93%.Tingkat inklusi bahkan lebih rendah lagi yang hanya mencapai 16,63% jauh di bawah tingkat inklusi perbankan yang mencapai 74,03%.

Tenaga pemasar Prudential Indonesia memiliki peran penting sebagai ‘agen perubahan’ yang mendorong pemahaman masyarakat terkait literasi dan inklusi keuangan.

“Kami sangat percaya bahwa tenaga pemasar Prudential Indonesia adalah ‘agen perubahan’, garda terdepan kami dalam mendorong literasi dan inklusi asuransi di Indonesia. Oleh karena itu, kami berkomitmen untuk mengembangkan para perencana keuangan profesional yang handal dengan terus berinvestasi melalui program pelatihan, mengembangkan keahlian mereka dengan memberikan keterampilan dan pengetahuan yang terbaik di industri. Kami juga melengkapi mereka dengan teknologi terkini untuk memberikan layanan terbaik bagi nasabah, termasuk meningkatkan efisiensi, agar proses edukasi dapat berlangsung dengan baik,” jelas Rusli Chan, Chief Agency Officer Prudential Indonesia melalui keterangan tertulisnya kepada Waspada Medan, pada Senin (17/7).

Ia juga mengatakan bahwa didukung oleh pelatihan terus menerus untuk meningkatkan kapabilitas tenaga pemasar sebagai agen perubahan, Prudential memiliki 3 program utama untuk meningkatkan kapasitas agennya, yakni PRUVerge, PRUMDRT dan PRUVenture. PRUVerge dan PRUMDRT memberikan berbagai pelatihan intensif, pendampingan, serta evaluasi komprehensif yang bertujuan melengkapi para konsultan finansial dan para leader tenaga pemasar dengan keterampilan komprehensif serta kepemimpinan yang mumpuni.

Sementara PRUVenture merupakan program pelatihan dan pengembangan yang intensif untuk mendorong para konsultan finansial mengembangkan karier keagenannya secara full time. Selain juga adanya PRUuniversity, program pelatihan regular untuk meningkatkan profesionalisme karyawan dan tenaga pemasar agar dapat terus merespon tuntutan bisnis yang terus berubah secara cepat.

Selain pelatihan, ia menjelaskan Prudential Indonesia juga memberikan inovasi digital untuk membantu para tenaga pemasar Prudential Indonesia yakni PRUforce, aplikasi seluler yang dikembangkan khusus untuk memberikan akses kepada tenaga pemasar terkait pembuatan laporan secara real-time, kapan saja dan di mana saja dengan berbagai fitur untuk mempercepat pelayanan secara signifikan. PRUforce juga hadir untuk meningkatkan pengalaman nasabah melalui berbagai manfaat seperti proses aplikasi yang lebih mudah (seamless application) serta persetujuan dan pengiriman polis yang cepat.

Sebagai hasil dari inisiatif dan inovasi yang berkelanjutan untuk meningkatkan profesionalisme para tenaga pemasar, saat ini Prudential Indonesia memiliki 836 konsultan finansial yang tergabung dalam Million Dollar Round Table (MDRT), dan menduduki peringkat 1 di Indonesia dan peringkat ke-25 di global. MDRT merupakan asosiasi global dan independen di mana anggotanya mampu memperlihatkan profesionalisme yang luar biasa, memegang teguh kode etik, dan menunjukkan layanan terbaik bagi nasabahnya.

Prudential Indonesia juga tercatat menyumbangkan jumlah konsultan finansial terbanyak di MDRT Indonesia selama 5 tahun berturut-turut dan menyabet peringkat 1 di keanggotaan MDRT Indonesia hingga saat ini. Tidak hanya itu, agen Prudential Indonesia yang tergabung dalam anggora MDRT juga didominasi oleh perempuan, yang menempatkan Prudential Indonesia sebagai satu-satunya perusahaan yang mewakili Indonesia di jajaran Top 25 global yang didominasi oleh perempuan. Menurut data internal, pada tahun 2022, jumlah agen perempuan lebih banyak hampir dua kali lipat dibandingkan agen laki-laki. Ini membuktikan kepemimpinan Prudential Indonesia dalam membantu mengakselerasi pertumbuhan industri asuransi juga mengoptimalisasi peran perempuan menjadi lebih berdaya dan mandiri secara finansial.

“Prudential Indonesia sangat mengapresiasi tenaga pemasar yang mampu mempertahankan kualitas pelayanan dan profesionalisme mereka, karena hal ini sejalan dengan semangat Prudential Indonesia untuk mendukung nasabah agar yakin melangkah ke masa depan demi mendapatkan yang terbaik dalam kehidupan,” tutup Rusli. (cbud)

  • Bagikan