PTPN IV Regional 1 Kebun Rantauprapat Dan BUMDes Tunas Mekar Bersinergi Raih 10 Bumdes Terbaik Di Sumut

  • Bagikan
PTPN IV Regional 1 Kebun Rantauprapat Dan BUMDes Tunas Mekar Bersinergi Raih 10 Bumdes Terbaik Di Sumut

Rantauprapat (Waspada): BUMDes Tunas Mekar Desa Afdeling II berhasil meraih penghargaan 10 besar Bumdes terbaik se provinsi Sumatera Utara kinerja tahun 2023 dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kependudukan dan Catatan Sipil Provsu.

BUMDes Tunas Mekar adalah Badan Usaha Milik Desa Afdeling II yang terletak di kecamatan Bilah Barat Kabupaten Labuhan Batu. Sejak tahun 2021 Bumdes Tunas Mekar, yang berada di atas HGU PTPN IV Regional 1 Kebun Rantauprapat telah menjalin kerjasama sewa lahan dengan PTPN IV Regional 1 Kebun Rantauprapat seluas 3.133 meter persegi. 

Regen Erasi Sitindaon, SH selaku Asisten Personalia Kebun PTPN IV Regional 1 Kebun Rantauprapat saat dimintai keterangan menjelaskan bahwa kerjasama sewa lahan ini dilaksanakan dengan mempedomani ketentuan peraturan perundang-undangan dan SOP Perusahaan.

“PTPN IV Regional 1 Khususnya Kebun Rantauprapat sangat mengapresiasi dan mendukung penuh Bumdes Tunas Mekar. Kerjasama sewa lahan yang kami lakukan dengan pihak BUMDES sejalan dengan Instruksi Kementerian BUMN dan Kementerian Keuangan terkait optimalisasi aset-aset BUMN. Untuk sekarang sedang berjalan proses adendum perjanjian sewanya, karena ada permohonan dari BUMDES untuk penambahan luasan yang awalnya 1.133 menjadi 3.133 meter persegi,” kata Regen Erasi.

Tingkatkan Kinerja

BUMDes Tunas Mekar sejak awal berdiri sampai sekarang terus melakukan inovasi dan perbaikan untuk meningkatkan kinerja dan revenue guna mencapai tujuan, yaitu menjadikan Desa Afdeling II sebagai Desa Mandiri. 

Berawal dari Bisnis PERTASHOP, sekarang Bumdes Tunas Mekar berhasil mendirikan warkop dan food court dengan lokasi yang berada tepat di tepi jalan lintas Sumatera.

BUMDes Tunas Mekar telah menjelma menjadi salah satu rest area favorit bagi pengendara yang melintasi jalan lintas.

Siswanto Bangun, Direktur Utama BUMDes Tunas Mekar menjelaskan bahwa keberhasilan BUMDES ini tidak lepas dari bantuan stakeholder BUMDes, khususnya PTPN IV Regional 1 wilayah Distrik Labuhanbatu III, khususnya Kebun Rantauprapat.

“BUMDes Tunas Mekar bisa terus maju dan berkembang, karena didukung oleh manajemen PTPN IV Regional 1 Kebun Rantauprapat. Dukungan yang sama diberikan Manajer Kebun Rantauprapat, Indrawan beserta seluruh karyawan itu menjadi kunci keberhasilan kami,” kata Siswanto Bangun dengan penuh semangat. (rel)

  • Bagikan