Rektor Buka IMCC Jilid VII KPS FH UMSU

  • Bagikan
Rektor Buka IMCC Jilid VII KPS FH UMSU

MEDAN (Waspada): Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Prof.Dr.Agussani, MAP membuka resmi “Internal Moot Court Competition Jilid VII’Komunitas Peradilan Semu Fakultas Hukum. Kegiatan ini dirangkai dengan Seminar Nasional dengan tema ”Sumut Ramah Anak: Upaya Perlindungan Hak Asasi Manusia bagi Anak sebagai Kelompok Rentan”

Kegiatan yang dihadiri ratusan mahasiswa Fakultas Hukum UMSU dan para peserta IMCC Jilid VIII dari sejumlah universitas di Sumatera Utara ini dilaksanakan di Auditorium UMSU, Rabu (28/2/2024). Acara dibuka dengan melakukan Handscaning di layar LED oleh Rektor UMSU bersama Kajari Medan Muttaqin Harahap, S.H., M.H dan Dekan Fakultas Hukum, Dr Faisal SH MHum.

Turuthadir Ketua MBC HIPMI Kota Medan Ryalsyah Putra, Perwakilan PN Medan Minggu Saragih SH MH, WD I FH UMSU Dr Zainuddin SH MH, WD III Atikah Rahmi SH MH, Kabag di lingkungan FH UMSU dan sejumlah dosen FH UMSU.

Dalam laporannya, Ketua KPS FH UMSU, Dedi Kurniawan menyampaikan, bahwa IMCC adalah salahsatu program kerja Komunitas peradilan Semu Fakultas Hukum UMSU yang diagendakan secara rutin sekali setahun. Dan di tahun 2024 ini adalah IMCC jili ke VII.

“Alhamdulillah pada IMCC Jilid VII kita diberikan kesempatan bekerjasama dengan Kejaksaan negeri Medan,” ujar Dedi.

Lebih lanjut ia melaporkan, pesrta IMCC Jilid VII berjumlah 12 tim, dimana 1 tim terdiri dari 18 orang. “Jadi kita total ada 216 peserta yang turut berkompetisi melakukan simulasi persidangan untuk mengimplementasikan hukum formil yang sudah dipelajari di bangku kuliah,” kata Dedi.

“Jadi kami menyelanggarakan IMCC ini sebagai wadah pembelajaran hukum formil dan hukum acara bagi kawan-kawan sebelum nanti terjun menjadi seorang penegak hukum yang berintegritas,” imbuhnya.

Dedi berharap pelaksanaan kegiatan ini akan menambah wawasan dan meningkatkan kompetensi mahasiswa FH UMSU. Sekaligus kita juga berharap kegiatan ini akan menjadi batu loncatan menuju ajang kompetisi lebih tinggi, yakni Regional Moot Court Competition,” ujarnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Hukum, Dr Faisal SH MHum dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya IMCC Jilid VII dengan baik.

“Saya menyampaikan apresiasi kepada jajaran panitia dari Komunitas Peradilan Semu FH UMSU yang telah sukses mempersipkan dan merancang kegiatan ini dengan baik. Salah satunya yang menarik perhatian kita adalah banyaknya sponsorship yang terlibat mendukung kegitan ini. Dan tentunya ini sebagai bukti jajaran panitian memiliki jejering yang sangat luar biasa, hingga bisa menggandeng banyak sponshorship untuk menyukseskan kegiatan ini,” ungkapnya.

Faisal juga menuturkan ucapan terimakasih kepada Rektor UMSU yang senantiasa memberikan dukungan kepada Fakultas Hukum UMSU untuk menyelenggarakan banyak kegiatan, terutama kegitan-kegiatan yang terkait untuk menggugah nalar dan meningkatkan krativitas mahasiswa.

Faisal juga menyampaikan terimakasih kepada Kajari Medan yang selama ini sudah berkenan membangun kerjasama dengan Fakultas Hukum UMSU dalam melaksanakan program-program positif dan konstruktif.

“Sebelum ini kita punya program kerjasama dengan nama ‘Jaksa Sabat Mahasiswa’. Dan untuk sekarang Pak Kajari baru menawarkan program baru yang bertajuk ‘Jaksa Menyapa’. Kita berharap, mudah-mudahan kerjasama ini akan terus terjalin, dan kedepan akan bisa lebih dikembangkan lagi,” kata Faisal.

Dalam arahan dan bimbingannya, Rekor UMSU Prof Agussani MAP menyampaikan, semua program yang dirancang Fakultas Hukum UMSU untuk mengisi agenda kegiatan universitas berjalan sangat baik.

“Tentunya ini adalah sebagai bentuk penjabaran dari program tahunan yang telah dilaksanakan secara baik dan optimal oleh Fakultas Hukum UMSU,” ujar Prof Agussani.

Kemudian Prof Agussani menyinggung soal tantangan dunia perguruan tinggi dewasa ini yang begitu besar. Menurutnya, pengelolaan perguruan tinggi saat ini tidak lagi bisa seperti pada era dekade 80-an dan 9. Perguruan tinggi harus mampu bertransformasi dan mengembangkan inovasi mengikuti pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Tampil sebagai pembicara dalam seminar Tawang Amuhara Martha, S.H. (Analis Hukum Biro Hukum, Kerjasama, dan Humas LPSK RI), Kompol Haryani S.Sos., M.Ap (Kanit PPA Subdit Renakta Dit Reskrimum Polda Sumut), Adi Mansar, S.H., M.Hum. (Akademisi UMSU).(m19)


Waspada/Ist
Rektor UMSU, Prof.Dr.Agussani, MAP (tengah) bersama Kajari Medan, Muttaqin Harahap, S.H., M.H (Samping kiri), Dekan Fakultas Hukum, Dr Faisal SH MHum (sisi kanan) bersama para narasumber dan tamu usai pembukaan IMCC.

  • Bagikan