Scroll Untuk Membaca

Medan

Rektor Resmikan Student Service Center USU

Rektor Resmikan Student Service Center USU
Peresmian Student Service Center USU. Waspada.id/Ist
Kecil Besar
14px

MEDAN (Waspada.id): Universitas Sumatera Utara (USU) meresmikan Student Service Center sekaligus International Lounge, Selasa (9/9). Rektor USU, Prof. Dr. Muryanto Amin, S.Sos., M.Si., menegaskan kehadiran fasilitas baru ini bukan sekadar penambahan gedung, melainkan langkah penting menuju standar layanan internasional.

“Pertama sekali kita tetap terus akan memperbaiki sarana dan prasarana, terutama mendukung standar internasional yang harus kita capai dalam waktu yang tidak lama lagi,” ujar Muryanto dalam sambutannya.

Ia menekankan, USU menghadapi dua tantangan besar, perubahan cara berpikir dan perbaikan infrastruktur. Banyak bangunan lama yang belum memenuhi standar global, mulai dari aksesibilitas penyandang disabilitas, fasilitas keamanan, hingga desain ruang belajar.
Student Service Center kini menjadi pusat layanan terpadu.

Seluruh urusan administrasi mahasiswa yang sebelumnya tersebar di berbagai biro dipusatkan di sini.

Di dalamnya juga hadir Kantor Urusan Internasional (Office of International Affairs) untuk melayani mahasiswa asing, dosen, maupun pegawai, termasuk dalam pengurusan visa dan paspor.

Unit Layanan Terpadu (Integrated Service Unit) sebagai pusat administrasi, serta Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) yang menjamin keterbukaan informasi.

Selain itu, fasilitas ini menyediakan Layanan Kesehatan Mental dengan ruang konseling yang nyaman, serta unit Pencegahan dan Penanganan Kekerasan (PPK) untuk memberikan perlindungan bagi mahasiswa.

Kehadiran International Lounge melengkapi pusat layanan ini sebagai ruang interaksi global yang mendukung suasana kampus lebih inklusif dan berstandar internasional.

“Kalau misalnya ada mahasiswa internasional yang mengurus visa pelajar, bisa melalui sini. Jadi semua layanan kita buatkan dalam satu tempat,” kata Muryanto.Tak hanya itu, Rektor menegaskan keberhasilan layanan tidak semata ditentukan gedung dan fasilitas, melainkan juga komitmen staf yang melayani.

Selain membangun budaya kerja baru, USU juga terus mendorong penggunaan teknologi dalam layanan. Menurut Muryanto, pelayanan tanpa kontak langsung akan menjadi kebutuhan, sehingga ke depan proses administrasi harus semakin digital dan efisien.

“Pelan-pelan kita juga tidak lagi menggunakan tenaga manual untuk layanan-layanan yang bisa dialihkan ke teknologi. Ini yang ke depan harus terus kita lakukan,” katanya.

Ia berharap keberadaan Student Service Center dan International Lounge mempercepat langkah USU memperluas akreditasi global dan memperkuat reputasi internasional.

“Harapan saya, mudah-mudahan gedung ini bisa memberikan percepatan kita untuk layanan internasional,” tutup Muryanto.

Peresmian ini dihadiri Sekretaris Majelis Wali Amanat (MWA) Prof. Dr. Tamrin M.Sc para wakil rektor, sekretaris universitas, dekan, serta jajaran pimpinan kampus.(id14)

Update berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran favoritmu akses berita Waspada.id WhatsApp Channel dan Google News Pastikan Kamu sudah install aplikasi WhatsApp dan Google News.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE