Rektor UMA Lantik Empat Wakil Rektor

  • Bagikan
Rektor UMA Lantik Empat Wakil Rektor

MEDAN (Waspada): Rektor Universitas Medan Area (UMA) Prof Dr Ir Dadan Ramdan, MEng, MSc melantik empat wakil rektor (WR) periode 2024-2026, di Hj Siti Mariani Conference Room Lantai III, Gedung Perpustakaan Kampus I UMA, Jalan Kolam Medan Estate, Selasa (5/3). Pelantikan disaksikan Ketua Yayasan Pendidikan Haji Agus Salim (YPHAS) Drs HM Erwin Siregar, MBA.

Adapun empat Wakil Rektor UMA yang dilantik, Sherlly Maulana, ST, MT sebagai Wakil Rektor Bidang Penjamin Mutu dan Pembelajaran, Dr Dedi Sahputra, MA sebagai Wakil Rektor Bidang Mutu Sumber Daya Manusia dan Perekonomian, Dr Rizkan Zulyadi, SH, MH sebagai Wakil Rektor Bidang Minat Bakat dan Karir, dan Dr Ir Rahmad Syah, MKom, Asean, Eng, APEC, Eng sebagai Wakil Rektor Bidang Riset, Publikasi dan Kemitraan.

Dua dari empat wakil rektor yang dilantik merupakan wajah baru, yakni Dr Dedi Sahputra, MA sebagai Wakil Rektor Bidang Mutu Sumber Daya Manusia dan Perekonomian menggantikan Prof Dr Ir Suswati, MP, dan Dr Ir Rahmad Syah, MKom, Asean, Eng, APEC, Eng sebagai Wakil Rektor Bidang Riset, Publikasi dan Kemitraan menggantikan Dr Ihsan Effendi, SE, MSi.

Kaderisasi

Rektor UMA Prof Dadan Ramdan dalam sambutannya mengatakan, empat wakil rektor yang dilantik rata-rata berusia muda. Itu sengaja dipilih untuk kaderisasi.

“Namun wakil rektor sekarang berbeda dengan wakil rektor sebelumnya. Namanya berubah, dan tugasnya juga berubah. Perubahan ini karena kita ingin leading di kancah internasional. Apalagi wakil rektor yang dilantik sudah punya publikasi internasional, sehingga bisa menjadi contoh di kalangan dosen,” kata Dadan.

Dijelaskannya, Wakil Rektor Bidang Penjamin Mutu dan Pembelajaran yang dipercayakan kepada Sherlly Maulana fokus mengurusi aplikasi-aplikasi yang sudah dibangun UMA, dan itu sudah dimulai. Kemarin misalnya, UMA launching aplikasi Semima atau Seminar Mahasiswa.

Lalu, Wakil Rektor Bidang Mutu Sumber Daya Manusia dan Perekonomian yang dijabat orang muda, Dedi Sahputra, fokus pada pengembangan SDM. Dosen dan tenaga kependidikan harus dipersiapkan memiliki prestasi dalam berbagai bidang. Juga membangun tatakelola keuangan.

Kemudian Wakil Rektor Bidang Minat Bakat dan Karir yang dipimpin Dr Rizkan Zulyadi, fokus pada meningkatkan prestasi mahasiswa. “Berbeda dengan sebelumnya, wakil rektor bidang minat bakat dan karir ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa mengikuti kompetisi-kompetisi terutama kompetisi level internasional,” kata rektor.

Sedangkan Wakil Rektor Bidang Riset, Publikasi dan Kemitraan yang dipercayakan kepada mantan Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Rahmad Syah, juga berbeda dengan jabatan sebelumnya.

Sebelumnya hanya mengurusi kerjasama dengan pihak luar, sekarang memgurusi penelitian, publikasi, komunikasi, kerjasama dan promosi.

“WR IV yang salah satunya membidangi publikasi sangat erat kaitannya dengan kolaborasi. Makanya kita satukan. Kita juga banyak promosi, yakni mengenalkan UMA ke tingkat internasional. Jadi kita bikin promosi melalui kolaborasi. Ini yang baru di jabatan ini. Dan ke depan insya Allah UMA akan tampil beda,” tutur mantan Dekan Fakultas Teknik UMA ini.

Terimakasih

Sementara itu, Ketua YPHAS HM Erwin Siregar menyampaikan terimakasih kepada para wakil rektor yang lama, dan mengucapkan selamat bekerja kepada wakil rektor yang baru.

“Semoga wakil rektor yang baru amanah, dan dapat bekerja dengan lancar dan sukses,” kata Erwin.

Dia berharap, UMA yang kini sudah berusia 40 tahun, makin tambah solid dan eksis baik di kancah nasional maupun internasional.

“Kita harapkan, di usia 40 tahun ini UMA meraih akreditasi institusi perguruan tinggi atau AIPT Unggul. Kuncinya, kita selalu muhasabah dan jangan terjebak rutinitas,” kata putra Pendiri UMA Alm Drs H Agus Salim Siregar ini.

Hadir dalam pelantikan wakil rektor itu, para dekan, kepala biro, lembaga dan pusat di lingkungan UMA, serta keluarga pejabat yang dilantik. (m19)

Waspada/Ist
Rektor UMA Prof Dr Ir Dadan Ramdan MEng, MSc dan Ketua Yayasan Pendidikan Haji Agus Salim Drs HM Erwin Siregar, MBA diabadikan bersama empat Wakil Rektor UMA yang baru dan yang lama, Selasa (5/3).

  • Bagikan