Rektor Unimed: Wisuda Awal Perjuangan Baru

  • Bagikan
Rektor Unimed: Wisuda Awal Perjuangan Baru

MEDAN (Waspada): Rektor Universitas Negeri Medan (Unimed) Prof Dr Baharuddin, ST, MPd mengatakan, upacara wisuda bukan menandakan masa belajar mahasiswa berakhir. Wisuda justru harus dijadikan sebagai titik awal perjuangan baru dalam mengimplementasikan kemampuan dan skill yang sudah dimiliki selama studi di Unimed.

“Gelar akademik dan keahlian yang telah saudara peroleh, harus menjadi modal utama agar saudara mendapatkan kesempatan yang lebih besar untuk berkiprah, dan berkarya dalam meniti karir untuk meraih kesuksesan hidup,” kata rektor dalam pidatonya pada wisuda 937 lulusan Unimed di Auditorium Unimed, Rabu (21/2). Wisuda digelar selama dua hari, yakni Rabu-Kamis (21-22 Februari 2024).

Rektor mengatakan, semua para lulusan yang diwisuda hari ini, agar saudara dapat melanjutkan studi ke jenjang S2 dan S3, untuk mengembangkan dan meningkatkan kompetensi dan skill yang lebih mahir dan profesional.

Rektor mengatakan, pimpinan Unimed terus mendorong agar secara periodik dan cepat, semua Program Studi di Unimed harus meraih akreditasi Unggul, menuju ketercapaian visi Unimed menjadi Universitas yang unggul dalam bidang pendidikan, rekayasa industri dan budaya.

Rektor juga mengingatkan, di era kemajuan teknologi yang semakin pesat, dimana teknologi informasi dan IT telah menjadi basis dalam kehidupan manusia, para wisudawan dituntut untuk lebih memiliki rasa empati, kepedulian, sense of belonging, kemahiran/skill di bidang IT dan kemampuan literasi bahasa, literasi data, literasi teknologi, dan literasi manusia yang dibutuhkan dunia kerja.

“Saat ini bukan lagi era kompetisi, melainkan dunia kerja membutuhkan kemampuan dan skill kolaborasi dalam berbagai bidang. Dalam melangkah ke jenjang karir, dan dunia kerja, setidaknya dibutuhkan Ilmuwan yang kreatif, Kemampuan menyelesaikan masalah, Mampu Bekerja sama tim atau kolaborasi, Kemampuan Bernegosiasi, Manajemen waktu, Kemampuan mengambil keputusan, Kemampuan mengendalikan emosi, Berpikir kritis, dan Networking,” kata Prof Baharuddin.

Kata rektor, masyarakat menaruh harapan besar kepada Universitas Negeri Medan untuk mendidik dan menghasilkan guru, konselor, pamong belajar, dan tenaga kerja yang bermutu dan berkarakter mulia yang memiliki kecerdasan intelektual, spiritual, emosional, dan kinestetik yang membentuk sikap dan mentalitas para wisudawan.

“Saat ini kami pimpinan Universitas Negeri Medan, sudah menetapkan berbagai terobosan baru dalam pengembangan dan peningkatan kualitas mutu lulusan, kualitas SDM dosen untuk segera meraih Doktor dan Profesor. Prestasi mahasiswa kita di berbagai bidang juga telah berhasil mengukir prestasi baik ditingkat nasional dan internasional, seperti PIMNAS, POMNAS, PON, Sei Games, Asean Games, MTQ, IMT-GT dan kompetisi internasional lainnya. Capaian prestasi yang berhasil diraih dosen dan mahasiswa Unimed ini, menjadi bukti bahwa proses akademik dan non akademik di kampus hijau Unimed berjalan secara efektif,” ungkap rektor. Di akhir pidatonya, rektor berpesan kepada wisudawan agar menjaga nama baik almamater (Unimed) yang telah membina dan membesarkan wisudawan.“Tampilkan diri saudara sebagai insan lulusan Unimed yang menjadi seorang pembelajar yang tangguh, lincah dan tangkas ,” tutur rektor.

Rektor juga berpesan agar lulusan memberikan kontribusi kepada Unimed berupa masukan, kritik-konstruktif, dan ide kreatif- solutif dalam rangka meningkatkan kualitas almamater yang harus selalu kita banggakan; bukan sebaliknya membangun opini yang dapat merendahkan citra Unimed di masyarakat.

“Bekerja dengan tulus ikhlas dengan tetap menjaga wibawa dan martabat insan akademis khususnya sebagai keluarga besar Unimed,” ucapnya. Hadir dalam wisuda periode Februari itu, Ketua Senat Universitas Prof Dr Syawal Gultom MPd, para Wakil Rektor, Dekan, Direktur Program Pascasarjana, Ketua Lembaga, dan Ketua Umum IKA Unimed, Jafaruddin Harahap, S.Pd., M. Si. (m19)

Waspada/Ist

Rektor Unimed, Prof Baharuddin saat melantik salah seorang wisudawan.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *