Robonesia Medan Sukses Gelar Lomba Robotik Se-Sumut

  • Bagikan
Robonesia Medan Sukses Gelar Lomba Robotik Se-Sumut

MEDAN (Waspada): Rumah Robot Indonesia (Robonesia) Medan sukses menggelar lomba robotic berkolaborasi dengan Yayasan Pendidikan Shafiyyatul Amaliyyah (YPSA) dalam kegiatan tahunan Raz Championship XV.

Berbagai lomba dilaksanakan pada event tersebut yang mengusung tema 'Raising Talents and Champions' di YPSA. Lomba Robotik sendiri dilaksanakan, Kamis, (9/3) diikuti puluhan siswa SD se-Sumatera Utara. Adapun kategori dalam lomba robotik yaitu 1) Basic Animation, 2) Basic Assembly Robodust, 3) Creative Robot Miniature yang terdiri dari 2 level dari setiap kategori lomba yaitu mover untuk kelas 3-6 dan starter untuk kelas 1-2

tingkat pendidikan Sekolah Dasar.

Manager Robonesia Medan, Umar Hanif N, S.Ag.,CPS selaku  Koordinator Lomba Robotik mengatakan lomba robotik ini bertujuan sebagai sarana pengenalan robotika dan kejuaraan robotik di Sumatera Utara dan ajang kompetisi robotik. Diharapkan melalui lomba ini robotik semakin diminati siswa di Sumut serta dapat mengembangkan kemampuan siswa dalam bidang teknologi khususnya robotika.

Ketua Panitia Pelaksana RAZ Championship, Eko Akbar Sukmana, SPd.I mengatakan  Raz Championship XV adalah kegiatan tahunan yang diadakan oleh YPSA dalam mengakomodasi minat dan bakat siswa TK, SD, SMP, SMA baik tingkat kota Medan, Sumatera Utara, dan Nasional.

Robonesia Medan sebagai mitra YPSA yang dalam hal ini terlibat pada ekskul Robotik telah memiliki puluhan siswa di YPSA. Hal ini membuat siswa antusias dalam mengikuti lomba.

Nama pemenang lomba sebagai berikut, untuk kategori basic Animation Level Starter, juara 1 Muhammad Raffa Alfatih dari Sekolah Azzakiyah Islamic Leadership, juara 2 Khalid Al Rasyid Siregar dari SDI Al Azhar Asy-Syarif Sumut dan juara 3 Atta Muhammad Al-Adyan MS dari SDI Al-Azhar Asy-Syarif Sumut.

Untuk Kategori Basic Animation Mover, juara 1 Ruslan Al Fathi Safikry dari SDI Al-Azhar Asy-Syarif Sumut, juara 2 Muhammad Arkan Ramadhan dari SDS Ulul Ilmi dan juara 3 Muhammad Elrajaie Annaba Nasution dari Sekolah Azzakiyah Islamic Leadership.

Kategori Basic Assembly Robodust Starter, juara 1 Fatih Ar-Rasyid dari SDI Al-Azhar Asy-Syarif Sumut, juara 2 Zafran Elkhairanda dari YPSA, dan juara 3 Rifqi Adrian Pradipta dari YPSA.

Kategori Basic Assembly Robodust Mover, juara 1 Aliansyah Pratama dari MIS Syababul Qorib Serdang Bedagai, juara 2 Dimas Alvino Radithya dari MIS Syababul Qorib Serdang Bedagai dan juara 3 Habiburrahman dari SDS Islam Ulun Nuha.

Kategori Creative Robot Miniatur Mover, juara 1 M.Nurul Fikri Saragih, SDI Al-Azhar Asy-Syarif Sumut, juara 2 Najla Fadillah Azmi dari MIS Syababul Qorib Serdang Bedagai dan juara 3 Muhammad Dimas Erlangga dari MIS Syababul Qorib Serdang Bedagai. (m19)

Waspada/Ist

 Panitia dan peserta lomba Robotik RAZ Championship XV 2023 foto bersama. 

  • Bagikan