RS Adam Malik Kembali Kirim Tim Medis Di Even Internasional F1 Powerboat 2024

  • Bagikan
RS Adam Malik Kembali Kirim Tim Medis Di Even Internasional F1 Powerboat 2024

MEDAN (Waspada): Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik (RS Adam Malik) kembali mengirim tim medis selama penyelenggaraan even internasional F1 Powerboat 2024 di kawasan Danau Toba, Sumatera Utara pada 1-3 Maret 2024.

Rumah sakit vertikal Kementerian Kesehatan RI ini dipercaya lagi untuk membantu penanganan medis selama kegiatan F1 Powerboat yang dilaksanakan untuk kedua kalinya di Indonesia tersebut.

Tim medis yang dikirim oleh RS Adam Malik ini merupakan Tim Trauma Center dengan dukungan puluhan tenaga kesehatan serta dilengkapi sejumlah peralatan medis.

“Kita sangat siap dengan tim yang solid sebanyak 35 personel dengan berbagai bidang dokter spesialis yang terkait, dan membawa peralatan lengkap dari RS Adam Malik,” jelas Ketua Tim Trauma Center RS Adam Malik Dr dr Kamal Basri Siregar MKed(Surg) SpB(K)Onk FICS MHKes.

Tim Trauma Center RS Adam Malik dalam even internasional F1 Powerboat ini terbagi atas Tim Evakuasi 1, Tim Evakuasi 2, Tim Ambulans VVIP dan Tim Helipad. Tim ini terdiri atas dokter, perawat, petugas farmasi, teknisi alat medis, dan staf pendukung. Dokter ahli yang bertugas terdiri atas 4 (empat) spesialisasi. Yaitu, spesialis anastesi, spesialis bedah syaraf, spesialis bedah thoraks dan kardiovaskular, serta spesialis ortopedi.

Sementara itu, peralatan medis yang disiapkan di antaranya termasuk bed dan ventilator untuk penanganan kegawatdaruratan, serta obat-obatan dan alat medis pendukung lainnya. Selain itu, RS Adam Malik juga memberangkatkan ambulans khusus untuk pelayanan medis bagi tamu VVIP. Ambulans VVIP ini dilengkapi dengan instalasi mini ICU (Intensive Care Unit) yang dioperasikan oleh dokter spesialis dan perawat ahli.

Tim Trauma Center RS Adam Malik ini akan bertugas memberikan layanan medis bagi para atlet peserta lomba dan team official F1 Powerboat. Ini pun menjadi pengalaman ketiga kalinya bagi tim medis dari rumah sakit vertikal Kementerian Kesehatan ini dalam penanganan medis even balap air internasional tersebut, setelah sebelumnya juga dipercaya dalam F1 Powerboat 2023 dan Aquabike Jetski World Championship 2023.

“Ini pengalaman kita yang ketiga kali menangani Trauma Center untuk F1 Powerboat dan Aquabike Internasional. Semoga dengan dukungan jajaran direksi RS Adam Malik, Trauma Center kita siap melayani atlet dan official F1 Powerboat kali ini. Kami Tim Trauma Center RS Adam Malik siap menyukseskan F1 Powerboat 2024,” tambah dr Kamal yang juga merupakan Kepala Instalasi Gawat Darurat (IGD) RS Adam Malik tersebut.

Kejuaraan F1 Powerboat 2024 ini sendiri akan dibuka pada hari ini, Jumat (01/03/2024), setelah sehari sebelumnya semua peserta menjalani latihan terbuka di perairan kawasan Danau Toba, Balige. Kejuaraan ini diikuti sembilan tim dengan total 18 atlet yang berasal dari 13 negara yang akan bertarung dalam beberapa kali balapan sampai Minggu, 3 Maret 2024 mendatang. (Cbud)

  • Bagikan