Rumah Peradaban (RP) Spirit Nabawiyah Community (SNC) Mulia Amal Insani Resmi Dibuka

  • Bagikan

MEDAN, (Waspada); Dalam rangka menyambut Hari Guru Nasional ke-78 dan milad ke-32 dari pengelola Anijar Simanullang, M.Pd, Rumah Peradaban Spirit Nabawiyah Community Mulia Amal Insani secara resmi dibuka di Gunungtua, Sumatera Utara. Terletak di Jln. Sm Raja Gg SB3, Lingkungan 1 Pasar Gunungtua, Jumat (1/12).

Acara peresmian tersebut diresmikan dengan turut mengadakan lomba mewarnai sebagai upaya memperkenalkan RP SNC pertama di Gunungtua kepada masyarakat setempat.

RP SNC Mulia Amal Insani ini menjadi yang pertama di Gunungtua, dengan 767 titik tersebar di seluruh Indonesia pada Oktober 2023.

Dikelola oleh SNCers, buku-buku di RP SNC sebagian didanai melalui wakaf SNC dan sumbangan dermawan yang dihimpun oleh pengelola.

Anijar Simanullang, M.Pd, motor penggerak di balik inisiatif ini, berbagi cerita mengapa bisa dibangun RP SNC ini.

“Melihat anak-anak di sekitar yang asyik bermain game di HP setelah sekolah atau pada hari libur, saya membayangkan memberi mereka bahan bacaan dan kegiatan positif. Oleh karena itu, muncullah ide untuk membuka RP di Gunungtua,” ucapnya.

Kata Anijar, setelah memenuhi kriteria dan wawancara ia pun dipercaya untuk mengelola RP SNC

Anijar menjelaskan gambaran aktivitas di RP SNC tersebut.

“Dari Senin hingga Jumat, pukul 08.00 hingga 17.00 WIB, kami menggalakkan membaca mandiri atau meminjam buku secara GRATIS. Pada akhir pekan pukul 17.00 WIB, kami mengadakan permainan tradisional di luar ruangan, sesi bacakan buku, membacakan buku siroh kepada pengunjung, diikuti dengan kuis. Dari Minggu hingga Rabu setelah Maghrib, kami melaksanakan Maghrib mengaji dan sholat Isya berjama’ah, safari siroh (pustaka keliling ke TK atau Sekolah sekitar), dan Jumat berbagi.”

Sejalan dengan visi RP SNC, yang berusaha mendidik satu anak per desa, Anijar juga mendorong para orang tua untuk membacakan buku kepada anak-anak di rumah dan para penggiat literasi agar memperluas peran mereka dalam membacakan siroh keteladanan kepada anak-anak di sekitar.

“Semoga ini menjadi ladang pahala agar anak-anak memiliki akhlak yang baik, mencintai Allah dan Rasulullah serta peduli terhadap sekitarnya,” tuturnya.

Diakhir, Anijar mengajak bagi mahasiswa/i dan warga Gunungtua yang ingin berpartisipasi, membuka RP SNC di lingkungan mereka, atau menjadi relawan dapat menghubunginya di nomor 081376768685..(m20)

Rumah Peradaban (RP) Spirit Nabawiyah Community (SNC) Mulia Amal Insani Resmi Dibuka
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *