Rusunawa Dihadirkan Guna Bagun Karakter Mahasiswa Gizi Poltekkes Medan

  • Bagikan
Rusunawa Dihadirkan Guna Bagun Karakter Mahasiswa Gizi Poltekkes Medan

MEDAN (Waspada): Kemenkes Poltekkes Medan melakukan groundbreaking atau peletakan batu pertama pembangunan Rumah Susun Asrama Mahasiswa di Jurusan Gizi melalui DIPA Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi Sumatera Utara Kementerian PUPR.

Kemenkes Poltekkes Medan sebagai salah satu unit pelaksana teknis di lingkungan kementerian Kesehatan yang berada di bawah Direktorat Jenderal Tenaga Kesehatan yang menyelenggarakan pendidikan tenaga bidang kesehatan.

Sebagai institusi pendidikan tinggi bidang kesehatan, Politeknik Kesehatan Kemenkes Medan bertugas menyelenggarakan pendidikan tenaga kesehatan yang profesional, melakukan pengabdian kepada masyarakat dan melakukan penelitian bidang kesehatan.

Sri Arini Winarti SKM MKep selaku Direktur Poltekes Kemenkes Medan, mengatakan Pembangunan rumah susun mahasiswa ini diharapkan dapat mendukung peningkatan pelayanan terhadap mahasiswa dengan terpenuhi kebutuhan hunian bagi mahasiswa dari jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Medan.

“Rusunawa ini juga diharapkan menjadi sarana tempat untuk menjalin interaksi, pembangunan karakter mahasiswa, diskusi tentang pendidikan dan menjalani kehidupan sosial kemasyarakatan, mendukung keberhasilan akademik, baik bidang kurikuler, co kurikuler dan ekstra kulikuler serta dapat memberikan jaminan yang lebih menenangkan kepada orang tua mahasiswa jika dibandingkan dengan tinggal/kos di luar kampus. Selain itu rusunawa ini juga dapat diharapkan meningkatkan pendapatan BLU Poltekkes Medan khususnya pendapatan dari Optimalisasi Aset,” tegasnya.

Ia juga mengatakan rumah susun mahasiswa ini berada di Jurusan Gizi Kemenkes Poltekkes Medan Jl. Negara Simpang Tanjung Garbus Lubuk Pakam Kabupaten Deli Serdang yang akan berdiri di atas lahan seluas 75 m x 40 m dan luas bangunan sebesar 3.816,2 m atau 55,25 m x 17,80 m. Sesuai dengan Tipologi Bangunan Rumah Susun Kementerian PUPR Edisi Jauari 2023, Bangunan rumah susun ini adalah Type Meraki 4 lantai yang terdiri dari 86 unit kamar dan dapat menampung 340 orang mahasiswa dengan fasilitas pendukung mebel berupa 168 unit tempat tidur susun, 4 unit tempat tidur single, 168 unit lemari 2 pintu atas bawah, 4 unit lemari 1 pintu, 340 unit meja dan 340 kursi belajar.

Ketika ditanya apakah rusunawa ini berbayar atau gratis Ia menyebutkan bahwa Poltekes Medan sebagai penyelenggara badan layanan umum maka setiap layanan yang diberikan tentunya berdasarkan tarif yang ada sehingga asrama itu menjadi revenue center bagi Poltekes Medan.

” Target dalam 2024 tentunya masih sebatas 5% peningkatan direncanakan target 2025 baru full peningkatan dalam 100% jumlah mahasiswa sesuai dengan jumlah mahasiswa yang masuk di asrama kemudian untuk selesai pembangunan direncanakan 270 hari kalender dimulai dari Januari 2024 sampai dengan akhir September 2024 kemudian untuk rencana ke depan pembangunan laki kami masih dalam proses Pemetaan di seluruh asrama semua prodi Poltekes kamen khas Medan.

Karena sebutnya rata-rata Poltekes Medan sudah mempunyai asrama untuk kapasitas asrama tentunya kalau dibandingkan dengan eksisting jumlah mahasiswa saat ini belum memadai 100% jumlah mahasiswa saat ini di jurusan gizi Lubupakam itu berjumlah 1000 sedangkan ketersediaan bangunan jika nanti dibangun 100% baru 340 sehingga memang diprioritaskan untuk masiswa yang tingkat satu.

Sementara itu, Groundbreaking ini dihadiri oleh Direktorat Jenderal Tenaga Kesehatan Kementerian Kesehatan, Arianti Anaya beserta jajaran Sekretaris dan Direktur Kantor Pusat di Lingkungan Direktorat Jenderal Tenaga Kesehatan, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara, Alwi Mujahit Hasibuan, Bupati Kabupaten Deli Serdang H.M Ali Yusuf Siregar beserta jajaran beberapa kepala OPD di Deli Serdang.

Hadir juga Kepala Balai Pelaksana Penyedia Perumahan Sumatera II dan Kepala Satuan Kerja Pelaksana Penyediaan Perumahan Sumatera Utara beserta jajaran, Direktur dan Kepala Balai satker UPT vertikal Kementerian Kesehatan, Beberapa Direktur Kemenkes Poltekkes dan Kepala Balai Pelatihan Kesehatan beserta jajaran, ketua Persagi Provinsi Sumatera Utara, Dewan Pengawas Poltekkes Medan dan para Mitra Kemenkes Poltekkes Medan.(cbud)

  • Bagikan