Rutan Kelas I Medan Latih Warga Binaan Budidaya Maggot

  • Bagikan
Rutan Kelas I Medan Latih Warga Binaan Budidaya Maggot

MEDAN (Waspada): Rutan Kelas I Medan/Rutan Tanjunggusta, terus melakukan pengembangan kemandirian untuk warga binaannya dengan mengenalkan budidaya maggot untuk dijadikan pakan ternak.

Menurut Jefry Sinaga, selaku pembina warga binaan yang dilatih membudidayakan maggot, setiap hari mereka bisa memproduksi sekitar 25 kg maggot. Maggot-maggot tersebut dimanfaatkan untuk ayam yang juga diternakkan oleh para warga binaan.

“Maggot ini adalah ulat yang dihasilkan dari serangga yang bernama black soldier fly (BSF). Untuk makanannya berasal limbah organik, seperti sisa buah dan sayur-sayuran,” kata Jefri, Rabu (18/7).

Tiga orang warga binaan yang sudah setengah menjalani masa pidananya, dilatih untuk membudiyakan maggot. Nantinya, usai bebas mereka kembali ke masyarakat sudah memiliki keterampilan dan bisa membuka usaha.

Dijelaskannya, untuk saat ini, maggot budidaya warga binaan masih digunakan untuk keperluan sendiri. Ia mengaku, dengan adanya maggot, bisa memangkas biaya pakan hampir 50 persen.

“Dengan maggot ini, pakan bisa terpangkas 50 persen, karena kita yang produksi sendiri. Untuk satu bulan kita bisa produksi sekitar 750kg. Budidaya maggot ini kalau ditekuni sangat menjanjikan,” ungkapnya.

Sementara, Kepala Rutan Kelas I Medan, Nimrot Sihotang mengatakan, ke depan budidaya maggot bisa saja ditingkatkan.

“Ke depan, rencana akan kita tingkatkan sesuai dengan kebutuhan kita untuk mengurangi biaya operasional sehingga kita tidak terlalu banyak menggunakan pakan pelet dan jagung, kita hanya menggunakan sisa-sisa hasil makanan dari dalam (rutan) dari dapur. Sementara ini, untuk kebutuhan kita dulu, kalau bagus kita tingkatkan dan kita akan jual ke luar,” ujarnya.

Budidaya maggot, kata dia, juga merupakan bagian dari program cinta lingkungan, sehingga akhirnya membuat rutan sekarang lebih bersih, lebih rapi. (m32).

Waspada/Rama Andriawan
Kepala Rutan Kelas I Medan Nimrot Sihotang (kiri) mendampingi warga binaan yang sedang memilah maggot.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *