Selangor punya lebih dari 580 Tarikan Wisata.

  • Bagikan

MEDAN ,( Waspada); Akhir Januari 2024 siang tadi sebuah pertemuan bisnis rombongan pengusaha pariwisata dan hospitality Malaysia mampir dan berjumpa seratusan rekan bisnis serupa di Medan.

Negeri jiran ini terus mengenjot pasar pariwisatanya mereka mentargetkan 4 juta kunjungan datang dan seperti biasa, Indonesia yang jadi pasar kelompok tiga besar mereka menjadi pasar unggulan, sehingga pasar ini, termasuk Sumatra, kata Direktur Tourism Malaysia di Medan Chan Hon Mun.

Target tersebut disebutkannya di sela-sela Malaysia Travel Exchange (MTEX). Itu lebih tinggi dari capaian tahun 2023 yang sudah mencapai 3,1 juta traveler, dan bisa jadi dua kali lipat capaian tahun 2022 yang masih di bawah 2 juta kunjungan.

Selangor punya lebih dari 580 Tarikan Wisata.

Menariknya, sebelum tahun baru Imlek mendatang sudah terlihat tanda tanda peningkatan kunjungan wisatawan. “Setidaknya ada peningkatan kamar hotel 15 persen lebih banyak,” ungkap Chan.

Sementara MTEX yang Difasilitasi oleh MATTA dan Tourism Malaysia, lebih sekedar acara biasa, sebab menurut Ketua MATTA Selangor, Malaysia Vijie, sekurangnya ada perwakilan 26 perusahaan wisata dan hospitality asal Malaysia berjumpa dengan seratusan rekan bisnisnya di Medan.

Tujuan utama, menurutnya tetap untuk membangun dan merawat pasar yang selama.ini sudah terjalin. “MTEX lebih dari sekedar transaksi, bertujuan untuk meningkatkan jaringan strategis dengan agen perjalanan, agen perjalanan online, asosiasi pariwisata, dan media. Tujuan utamanya adalah untuk membina kolaborasi bermakna yang berkontribusi terhadap pertumbuhan industri perjalanan dan pariwisata,” jelasnya.

Lebih jauh menurutnya banyak produk visioner dan baru dari lebih 580 daerah tujuan wisata dan atraksi wisata yang bisa mendorong kolaborasi dan terbukanya peluang bisnis dengan rekan-rekan bisnis untuk pasar Indonesia.

Sebelum mengunjungi Medan 26 delegasi bisnis asal Malaysia itu juga sudah menyambangi 140an rekan bisnis di Surabaya. (M28)

Selangor punya lebih dari 580 Tarikan Wisata.
  • Bagikan