Siswa MTsN 2 Medan Antusias Ikuti Pelatihan Jurnalistik

  • Bagikan
Siswa MTsN 2 Medan Antusias Ikuti Pelatihan Jurnalistik

MEDAN (Waspada): Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Medan, sangat antusias mengikuti pelatihan jurnalistik, Selasa (28/11).

Puluhan peserta yang mengikuti pelatihan jurnalistik bertajuk ‘Edukasi Jurnalistik Bagi Siswa madrasah’, digelar Forum Wartawan Mitra Kanwil Kemenagsu (Forwamik) bersinergi dengan MTsN 2 Medan dan pihak Komite Madrasah.

Kegiatan bertujuan mengedukasi, menambah skill, maupun menggali potensi para siswa madrasah, sehingga mereka siswa memiliki pengetahuan dasar tentang jurnalistik.

Acara dibuka Kepala MTsN 2, Dra Pesta Berampu MA didampingi Ketua Komite Supardi, SPd.

Dalam keterangannya, Dra Pesta Berampu MA berharap para peserta pelatihan dapat mengambil pelajaran, ilmu dan peluang dari kegiatan pelatihan. Sehingga nantinya dapat direalisasikan di lingkungan MTsN 2 Medan.

“Mari kita ikuti pelatihan ini dengan fokus dan serius, dan ilmu yang diperoleh dapat realisaaikan di MTsN 2 Medan . Mudah-mudahan diantara siswa-siswi yang berjumlah 32 orang ini, ada yang berminta menjadi jurnalis dan wartawan sejati dan yang bernilai Islami,” ujarnya.

Ia juga berharap ilmu yang diperoleh bisa memotivasi para peserta untuk lebih berani berbicara dalam konteks langsung maupun tertulis.

Sementara itu, Ketua Komite Supardi, SPd mengapresiasi Kepala MTsN 2 Medan dan Forwamik yang sudah mewujudkan kerjasama dengan memberikan pelatihan jurnalistik pada siswa.

“Mudah-mudahan kalau kita awali dengan baik, Insyaallah ke depannya akan lebih baik lagi,” ujarnya seraya menambahkan kegiatan pelatihan jurnalistik ini disponsori Komite Madrasah.

“Siswa MTsN 2 Medan lebih dari 1000 orang, namun yang berkesempatan mengikuti pelatihan ini hanya 32 orang dan orang-orang ini mudah-mudahan orang -orang pilihan,” katanya, seraya menambahkan agar dalam membangun madrasah harus saling merangkul tidak saling memukul.

Sementara Ketua Forwamik, Drs Parlindungan Sormin didampingi Bendahara Anum Saskia yang juga sebagai pemateri, mengatakan, Forwamik adalah wadah wartawan yang melakukan tugas jurnalistik di Kanwil Kemenagsu sesuai jumlah wartawan yang terdaftar di Humas Kemenagsu.

Pelatihan ini, katanya, adalah sebagai wujud kemitraan yaitu dengan memberikan pelatihan jurnalistik terhadap siswa-siswi madrasah.

Dalam kesempatan itu, Sormin minta pada siswa madrasah agar bijak bermedia sosial dan menghindari perbuatan yang tidak berguna, seperti mem-bully menggunjing, dan perbuatan lainnya yang tidak bermanfaat.

Ia juga mengingatkan, bahwa setiap menerima informasi ataupun isu, harus dicek atau tabayyun dulu untuk memastikan kebenaran suatu berita agar terhindar dari hoax.

Dalam kesempatan tersebut, pemateri memaparkan tentang membuat berita dan proses pembuatannya serta teknik wawancara.(m22)

Waspada/ist
Peserta kegiatan foto bersama Kepala MTsN 2 Dra.Pesta Brampu MA,Ketua Komite Supardi SPd, Guru Bahasa Indonesia Kurniati SPd dan Pengurus Forwamik.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *