Tanpa Mahar Politik, PKB Kota Medan Buka Pendaftaran Caleg Secara Dini

  • Bagikan
Tanpa Mahar Politik, PKB Kota Medan Buka Pendaftaran Caleg Secara Dini
Tanpa Mahar Politik, PKB Kota Medan Buka Pendaftaran Caleg Secara Dini

MEDAN (Waspada): Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kota Medan, membuka pendaftaran dini bakal calon (balon) anggota legislatif DPRD Kota Medan untuk Pemilu 2024.

Pendaftaran dini balon anggota legislatif DPRD Kota Medan yang dideklarasikan pada Sabtu (26/2), di Kantor DPC PKB Kota Medan, Jalan Denai No.259 Medan, dilakukan secara terbuka dan tanpa mahar politik.

Hadir pada deklarasi pencalegkan dini ini Ketua DPC PKB Kota Medan Hamdan Simbolon SH, Sekretaris DPC Sukardiman, Ketua Dewan Syuro KH Ali Syahdana Dalimunthe, Ketua Dewan Muhtasyar H Ansari Daulay, Ketua Bapilu Gio Marbun, ketua-ketua DPAC dan sejumlah balon caleg.

“Sejak hari ini hingga 27 Maret 2022, PKB Kota Medan membuka pendaftaran terbuka bakal calon anggota DPRD Kota Medan untuk Pemilu 2024 tanpa ada mahar politik,” ujar Ketua DPC PKB Kota Medan, Hamdan Simbolon SH, Sabtu (26/2) di Kantor DPC PKB Kota Medan.

Dikatakan Hamdan, pencalegkan ini dibuka untuk umum, sehingga siapapun yang ingin maju sebagai caleg dari PKB pada Pemilu 2024, PKB Kota Medan akan mengakomodir, tanpa mengenyampingkan kader-kader partai yang punya potensi dan berkeinginan untuk mencalon.

“PKB Kota Medan mengundang politisi, praktisi, pengusaha dan masyarakat umum lainnya yang memiliki potensi dan berkeinginan menjadi anggota legislatif untuk bergabung bersama PKB,” ajak Hamdan.

Dijelaskan Hamdan, pencalegkan dini ini sengaja dilakukan PKB Kota Medan agar para balon anggota legislatif memiliki kesempatan dan waktu yang cukup bersosialisasi, berbaur dan berbuat di dapilnya masing-masing agar lebih dikenal dan dipercaya masyarakat.

PKB Kota Medan, lanjutnya, memiliki komitmen untuk menghadirkan calon-calon anggota legislatif yang kredibel, berkualitas dan berintegritas, serta siap hadir ditengah-tengah masyarakat dalam suka maupun duka.

“Pada Pemilu 2024 nanti, PKB Kota Medan memiliki target bisa mendudukkan minimal 1 orang dari setiap dapil. Untuk tujuan itu, selain mesin partai terus dikuatkan dan dibangun hingga ke tingkat ranting dan anak ranting, kita juga persiapkan caleg-caleg yang berkualitas,” ujar Hamdan.

Sekretaris DPC PKB Kota Medan Sukardiman mengatakan, PKB Kota Medan merupakan partai yang pertama membuka pendaftaran bakal calon anggota legislatif.

Tujuan dibukanya pendaftaran ini, selain agar para balon caleg memiliki waktu panjang untuk bersosialisasi, juga dimaksudkan agar para balon caleg bersama DPAC-DPAC di dapilnya bisa bersama-sama membesarkan partai.

“Kita berharap dengan pencalegkan dini ini, para balon caleg yang bergabung dari luar partai turut terlibat aktif membesarkan partai dan turut mengkampanyekan Ketua Umum PKB Gus Muhaimin Iskandar sebagai Calon Presiden 2024,” ujarnya.

Disebutkan Sukardiman, dengan tidak adanya mahar politik bagi balon caleg yang mendaftar melalui PKB Kota Medan, diharapkan seluruh caleg nantinya bisa bersunggung untuk bisa memperoleh suara yang maksimal.

“Para balon caleg dari PKB tidak akan kita bebankan yang macam-macam. Bahkan partai akan mensuport berbagai kegiatan mereka. Partai hanya akan meminta kontribusinya setelah menjadi caleg untuk penyiapan saksi-saksi di TPS,” jelas Sukardiman.

Di hari pertama usai kegiatan deklarasi, 7 orang dengan latarbelakang pengusaha, praktisi hukum dan tokoh pemuda, telah mendaftar sebagai bakal calon anggota legislatif DPRD Medan dari PKB.

Ketua Bapilu DPC PKB Kota Medan Gio Marbun mengatakan, pendaftaran balon legislatif ini mereka buka setiap hari hingga tanggal 27 Maret 2027.

“Bagi pengurus partai dan masyarakat umum yang memiliki potensi dan berminat menjadi anggota legislatif dari PKB, kami persilahkan datang ke Kantor DPC PKB Kota Medan di Jalan Denai No.259 Medan, atau menghubungi contak person di nomor 0853 6155 1888 atau 0812 6505 2097,” ujarnya. (cpb)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *