Tim KSP RI Kunjungi Posyandu Di Kampung KB Kelurahan Maimun

  • Bagikan
Tim KSP RI Kunjungi Posyandu Di Kampung KB Kelurahan Maimun

MEDAN (Waspada): Dalam rangka  monitoring dan evaluasi (Monev) percepatan penurunan stunting di lini lapangan, Tim Kantor Staf Presiden (KSP) Republik Indonesia (RI) melakukan kunjungan ke Posyandu di Kampung KB Kelurahan Maimun, Kecamatan Medan Maimun, Kota Medan, Jumat (12/1).

Kegiatan berlangsung dengan cara diskusi dan meninjau pelaksanaan Posyandu di kampung KB Kelurahan Maimun, Kecamatan Medan Maimun, Kota Medan dan pertemuan di kantor BKKBN Perwakilan Sumut di Jalan Krakatau Medan.

Diawali dengan diskusi Strategi Penurunan Stunting di Lini Lapangan yang digelar di Aula Kelurahan Kampung Baru, Kecamatan Medan Maimun, Jl. Brigjen Katamso Medan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dengan para peserta.

Kepala Perwakilan (Kaper) Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sumatera Utara, Dr. Munawar Ibrahim, S.Kp, MPH mengucapkan terima kasih kepada Tim KSP RI atas kunjungannya ke Kota Medan.

“Kita sangat beruntung dan bahagia atas kedatangan Tim KSP RI, ibu Erlinda, dan ibu Nuraini Hilir ke puskesmas ini. Mudah-mudahan dengan kedatangan mereka menjadi pertanda bagus bagi Sumatera Utara khususnya Kota Medan,” ungkapnya sembari mengakui  menyambut baik atas kunjungan Tim KSP RI ke Posyandu di Kampung KB Kelurahan Maimun.

“Kerena Tim KSP RI memilih sendiri lokasi yang dituju dan tidak kita undang. Mereka datang untuk memiliki misi yaitu melakukan monitoring dan evaluasi (Monev) terhadap percepatan penurunan stunting di lini lapangan di Sumut,”sebutnya, sembari mengaku Tim KSP RI juga akan kunjungan ke kantor Perwakilan BKKBN Sumut.

Sementara Tim KSP RI Erlinda didampingi Nuraini Hilir mengaku penurunan angka stunting di Sumatera Utara cukup bagus dari  data yang ada.

Salah satu isu nasional yang dikawal oleh KSP adalah percepatan penurunan stunting khususnya untuk mencapai target 14 persen pada tahun 2024.

“Kita tidak hanya melakukan satu monitoring dan evaluasi karena memiliki sistem Monev tetapi sekaligus juga memberikan apresiasi dan evaluasi terkait apa yang hari ini bagus namun belum optimal. Itu yang perlu kita optimalkan. Karena 2024 adalah akhir dari penurunan stunting sebesar 14 persen. Apakah 2024 Sumut nanti memenuhi target penurunan stunting sebesar 14 persen itu yang kita kawal,” ujarnya.

Lanjut Erlinda, intinya Tim KSP RI datang ke Kota Medan dalam banyak paket, itu kurang lebih.

“Penguatnya adalah kami memastikan apa yang menjadi anggaran yang sudah diharapkan kepada pemerintah pusat. Kita kawal untuk anggaran itu akan sampai,”terangnya.

Bahkan Erlinda juga mengapresiasi keberhasilan Sumut dalam menurunkan angka stunting.

“Penurunan angka stunting di Sumut cukup bagus dari by data. Termasuk ini juga menjadi contoh yang positif untuk Provinsi lainya. Kami berharap sebagai Kota layak anak. Untuk 2024 bisa naik peringkat dari sebelumnya,” pungkasnya.     

Kepala UPT Puskesmas Kampung Baru, dr Adi Raja Brando Lubis, M.Kes mengucapkan terimakasih kepada Tim KSP RI yang telah melakukan kunjungan ke Posyandu di Kampung KB Kelurahan Maimun. 

“Terimakasih kepada Kantor Staf Presiden RI yang telah memilih Kecamatan Maimun Khususnya di Kelurahan Kampung Baru, apalagi untuk mengoptimalkan Posyandu,” pungkasnya.(m22)

Waspada/Anum Saskia
Tim KSP RI Erlinda bersama Kaper BKKBN Sumatera Utara, Dr. Munawar Ibrahim, S.Kp, MPH saat mengunjungi Posyandu.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *