Tim PKM UMA Sosialisasikan Potensi Energi Terbarukan Di Pondok Pesantren DIM

  • Bagikan
Tim PKM UMA Sosialisasikan Potensi Energi Terbarukan Di Pondok Pesantren DIM

MEDAN (Waspada): Universitas Medan Area (UMA) bersama Pondok Pesantren Darul Ilmi Murni (DIM) menggelar kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM). Fokus utama PKM pada sosialisasi potensi energi terbarukan sebagai pembangkit energi listrik.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan penerapan teknologi energi terbarukan di lingkungan Pondok Pesantren dan masyarakat sekitar, dalam upaya menjaga keberlanjutan lingkungan,” ujar Dr Iswandi, ST., MT ketua tim PKM UMA di Medan, Ahad (18/2).

Kegiatan PKM UMA dengan Pondok Pesantren DIM ini dilaksanakan di Pasar IV, Jl. Karya Jaya, Namorambe, Deliserdang pada 25 Januari 2024.

“Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini difokuskan pada sosialisasi potensi energi terbarukan sebagai pembangkit energi listrik. Para peserta dari berbagai kalangan, termasuk santri Pondok Pesantren dan masyarakat sekitar, diajak untuk memahami konsep energi terbarukan serta manfaatnya dalam mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan,” jelasnya.

Dalam kegiatan ini, ketua tim pengabdian dari UMA Dr Iswandi, ST., MT selaku Ka.Prodi Teknik Mesin bersama anggota lainnya yakni dosen Teknik Mesin Prof Dr Dadan Ramdan, M.Eng., M.Sc, Ir H. Darianto, M.Sc, Muhammad Idris, ST., MT, Zulfikar, ST., MT, Dr Eng. Supriatno, ST., MT, Indra Hermawan, ST., MT, Yopan Rahmad Aldori, ST., M.Sc, Ir. Amru Siregar, MT, Ir Tino Hermanto, ST., M.Sc., IPP, dan Ilmu Hukum Alvin Hamzah Nasution, SH., MH.

Dikatakan, kegiatan ini memberikan pemahaman yang mendalam mengenai teknologi-teknologi terbaru dalam bidang energi terbarukan, seperti panel surya, turbin angin, dan lain sebagainya.

Selain itu, dilakukan pula demonstrasi praktis tentang cara memanfaatkan potensi energi terbarukan secara efisien dan ramah lingkungan.

“Kami berharap melalui kegiatan ini, masyarakat dan para santri Pondok Pesantren dapat lebih memahami dan menerapkan konsep energi terbarukan dalam kehidupan sehari-hari mereka,” ujar Jufrizal, ST., MT selaku pemateri dari UMA.

“Dengan memanfaatkan sumber energi yang terbarukan, kita dapat turut berkontribusi dalam menjaga kelestarian lingkungan serta mengurangi ketergantungan pada energi fosil,” sambungnya.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini merupakan salah satu bentuk sinergi antara perguruan tinggi dan lembaga keagamaan dalam upaya menjaga keberlanjutan lingkungan. Melalui kolaborasi yang erat, diharapkan dapat tercipta lingkungan yang lebih bersih dan lestari bagi generasi mendatang.

UMA dan Pondok Pesantren Darul Ilmi Murni berkomitmen untuk terus mendukung upaya pelestarian lingkungan dan pengembangan energi terbarukan di Indonesia. Dengan sinergi yang kuat, diharapkan dapat terwujud transformasi menuju masa depan yang lebih berkelanjutan dan ramah lingkungan bagi seluruh masyarakat.(m05/A)

Teks;
Tim pengabdian kepada masyarakat (PKM) Universitas Medan Area (UMA) berfoto bersama guru-guru Pondok Pesantren Darul Ilmi Murni (DIM) di Pasar IV, Jl. Karya Jaya, Namorambe, Deliserdang.
Waspada/ist.

  • Bagikan