Tim PPK ORMAWA HMJ KSFISIP UMSU Juara 3 Nasional

  • Bagikan
Tim PPK ORMAWA HMJ KSFISIP UMSU Juara 3 Nasional

MEDAN (Waspada): Di pengujung tahun 2023, prestasi membanggakan tingkat nasional kembali diperoleh mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (FISIP UMSU). Kali ini Tim Himpunan Mahasiswa Jurusan Kesejahteraan Sosial (HMJ KS) FISIP UMSU berhasil menjadi Juara 3 atau sukses meraih 1 (satu) medali perunggu dalam ajang bergengsi nasional Abdidaya Ormawa Tahun 2023 yang digelar di Universitas Negeri Jember, Rabu s/d Sabtu (6-9/12).

Dalam penutupan malam anugerah Abdidaya Ormawa yang digelar, Sabtu malam (9/12), tim HMJ KS FISIP UMSU sukses meraih penghargaan setara perunggu untuk kategori “Dosen Pendamping dengan Pemahaman Pemberdayaan Pasyarakat Terkuat” atas nama Sahran Saputra, S.Sos, M. Sos,.

Sahran Saputra, selaku dosen pendamping penerima anugerah Abdidaya bersama Ketua Tim Muhammad Rionaldo dan 2 orang anggota yakni Putri Febria Liza dan Tita Wilda Wegina, serta Ketua Umum HMJ KS FISIP UMSU Muhammad Suib berulang kali mengucap syukur atas torehan prestasi yang mereka di akhir tahun ini.

“Alhamdulillah, ini adalah prestasi di pengujung tahun yang luar biasa. Pencapaian ini adalah hasil kolaborasi dosen dengan mahasiswa, Kerja keras dan keikhlasan adik-adik mahasiswa dalam pengabdian masyarakat selama 6 bulan di desa akhirnya berbuah hasil, saya bersyukur bisa mendampingi tim tangguh seperti mereka,” katanya.

Sebelumnya, program pemberdayaan masyarakat yang diusung HMJ KS FISIP UMSU berjudul, “Adaptasi dan Mitigasi Perubahan Iklim dengan Pendekatan Community Based Development untuk Kampung Iklim Terpadu di Desa Sei Tuan” terpilih sebagai salah satu dari 676 organisasi kemahasiswaan se-Indonesia yang dipercaya untuk menjalani Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Mahasiswa (PPK ORMAWA) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Tahun 2023.

Program ini telah dijalankan secara partisipatif bersama kelompok masyarakat sasaran selama enam bulan. Setelah mengikuti proses monitoring dan evaluasi serta visitasi lapangan oleh reviewer dari Kemendikbudristek, HMJ KS FISIP UMSU terpilih sebagai nominator kategori Tim Pelaksana, sistem pendukung Ormawa, dan dosen pendamping dalam Anugerah Abdidaya Ormawa tahun 2023.

Muhammad Suib selaku Ketua Umum HMJ KS FISIP UMSU juga tak hentinya mengucap syukur. Selain senang, ia merasa terharu, mengingat jerih perjuangan kelompoknya selama menjalani program pengabdian di desa yang mereka dampingi.

“Alhamdulillah, bisa sampai pada tahap ini adalah kebanggaan bagi kami, sebab ini pertama kalinya kami mengikuti kegiatan PPK ORMAWA,” tuturnya.

Hal senada juga disampaikan ketua tim pelaksana, Muhammad Rionaldo, selain mengucap syukur, ia juga mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung program mereka.

“Kami ingin berterima kasih pada diri sendiri yang telah mampu berjuang sejauh ini, terima kasih juga pada Kemendikbudristek, pimpinan Universitas, pimpinan Fakultas, Prodi, dosen pendamping, tim SRCC UMSU, dan masyarakat Desa Sei Tuan yang menjadi mitra dampingan kami, ini adalah kemenangan kita bersama,” ucapnya.

Sementara itu, Dekan FISIP UMSU Dr. Arifin Saleh MSP menyambut positif raihan prestasi yang dihasilkan oleh HMJ Kessos FISIP UMSU dan Tim. Baginya prestasi ini merupakan hasil kerja sama tim kuat antara Pengurus HMJ Kessos, Tim Pelaksana dan juga Dosen Pembimbing.

“Ini bukan satu hal mudah, jika tidak ada kerja sama dalam tim dan kuatnya hubungan antar anggota, mustahil bisa sampai pada titik puncak dengan raihan satu perunggu,” ujarnya.

Apresiasi yang sama juga diucapkan oleh Ketua Prodi Kesejahteraan Sosial, Dr. Mujahiddin, S.Sos., MSP. Menurutnya, capaian-capaian prestasi yang telah diraih harus dapat dipertahankan.

“Ya ini satu lagi capaian prestasi dari Kessos FISIP UMSU untuk tahun ini, di mana kemarin 2 kelompok mahasiswa Kessos telah berhasil meraih perak pada ajang PIMNAS 2023 di UNPAD Bandung. Rasanya penting untuk terus mempertahankan semangat berprestasi ini di kalangan mahasiswa kessos. Sekali lagi selamat,” pungkasnya. (m19)


Waspada/Ist
Tim PPK KS HMJ FISIP UMSU.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *