TVRI – UISU Kolaborasi Program MBKM

  • Bagikan
TVRI – UISU Kolaborasi Program MBKM

MEDAN (Waspada): Lembaga Penyiaran Publik (LPP) TVRI Sumatera Utara dan Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) sepakat berkolaborasi berbagai program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dilaksanakan UISU.

Hal itu disampaikan pimpinan kedua institusi saat memberikan sambutan pada acara Kuliah Umum sekaligus penandatanganan kerjasama antara UISU dengan TVRI Sumut, di Aula Yayasan UISU jalan SM Raja Medan, Selasa (27/2).

Kepala Stasiun LPP TVRI Sumut, Tachrizal mengatakan, TVRI sebagai Lembaga Penyiaran Publik siap memberikan dukungan dalam rangka implementasi program MBKM. “Kita juga siap menerima kritik dan saran untuk kemajuan dan pengembangan institusi, karena TVRI adalah milik kita semua. Khususnya dari anak-anak muda, milenial dan adik-adik mahasiswa,”ujar Tachrizal di hadapan ratusan mahasiswa Fisip UISU.

Hadir dalam kesempatan itu, Wakil Rektor UISU Bidang Kerjasama dan Sistem Informasi

Andang Suhendi, SS. MA mewakili Rektor UISU Prof. Dr. Safrida SE, MSi, Dekan Fisip

UISU, Ridwan Nasution, SS. M.Kom.I, Wakil Dekan Fisip UISU Bidang Akademik dan Dakwah

Islamiyah Junedi Singarimbun, S.Sos, M.Si, seluruh dosen dan mahasiswa Fisip UISU.Sementara dari TVRI hadir juga Kasubag Tata Usaha Suardi Camong serta Ketua Tim dilingkungan TVRI Sumut.

Lebih lanjut, Tachrizal menjelaskan banyak program dapat disinergikan dengan UISU khususnya Fisip UISU. Mulai dari kegiatan magang, praktik kerja lapangan, pengisian program hingga praktik broadcasting. Untuk itu, pihaknya mengajak UISU untuk bersama-sama TVRI mengembangkan kedua institusi melalui wadah kerjasama yang ada.

Sementara Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Sistem Informasi, Andang Suhendi, SS. MA

mengapresiasi kainginan bersama antara TVRI dan UISU. “Tentu kerjasama ini nantinya tidak hanya terbatas untuk Fisip, tapi juga fakultas dan unit-unit lain yang ada di lingkungan UISU,”ujarnya. UISU, katanya, mengaku siap untuk berkolaborasi dengen TVRI dan dunia usaha atau industri lainnya dalam rangka impelementasi MBKM sesuai dengan tema kegiatan kali ini.

Sebelum kegiatan kuliah umum dilakukan penandatanganan MoU antara UISU dan TVRI

Sumut dilanjutkan MoA antara Fisip UISU dan TVRI Sumut. Dengan penandatanganan

tersebut akan menjadi dasar untuk kolaborasi program-program yang akan dilakukan

antara UISU dan TVRI Sumut kedepannya. Selanjutnya, kegiatan kuliah umum dipandu

Zakaria Siregar, S.Sos, M.SP sebagai moderator.

Dekan Fisip UISU Ridwan Nasution, S.Sos, M.Kom.I sebagai pemateri dalam paparannya

mengatakan bahwa program MBKM yang sudah dicanangkan pemerintah sangat tepat untuk menjawab tantangan guna menyiapkan lulusan yang siap kerja dengan bekal pengalaman dalam bentuk praktik kerja lapangan maupun magang bersertifikat. Sebab itu, pihaknya sangat berterimakasih dengan kesediaan TVRI untuk bekerjasama sekaligus mendukung kegiatan kuliah umum yang dilaksanakan saat ini.

Sementara itu, dari TVRI Sumut, Suardi Camong S.PT., M.I.Kom yang menjadi narasumber memaparkan data tingginya kebutuhan tenaga kerja untuk lulusan disiplin ilmu komunikasi. “Jangan merasa minder memilih komunikasi. Kedepannya yang menguasai komunikasi adalah orang yang akan menguasai dunia.. baik teknologi maupun pembuat kontennya komunikasi sangat dibutuhkan di berbagai bidang pekerjaan.

Pemerintahan daerah butuh humas, butuh pembuat konten, jadi tidak hanya di komunikasi saja tapi semua butuh komunikasi karena komunikasi adalah jurusan yang paling menjanjikan,”ucapnya. (m19)

Waspada/Ist

Wakil Rektor UISU Andang Suhendi, SS. MA, Kepala Stasiun TVRI Sumut Tachrizal SE, Dekan Fisip UISU Ridwan Nasution, SS. M.Kom.I beserta pimpinan dan mahasiswa foto bersama usai penandatanganan MoU di Aula Yayasan UISU Medan, Selasa (27/2).

  • Bagikan