UISU Kolaborasi Internasional Bidang Penelitian Dan PKM

  • Bagikan
TIM delegasi UISU dan perguruan tinggi lainnya. Waspada/Ist
TIM delegasi UISU dan perguruan tinggi lainnya. Waspada/Ist

MEDAN (Waspada): Meningkatkan mutu pendidikan di kawasan Asia Tenggara, Forum Kerjasama Pendidikan Tinggi (FKPT) bersama ADA Research Centre terus melaksanakan berbagai kegiatan dalam bentuk kolaborasi penelitian, pengabdian kepada masyarakat(PKM), jurnal dan pengembangan antar peneliti, institusi, organisasi serta lembaga.

Teranyar kegiatan yang melibatkan 3 negara yakni Indonesia, Malaysia dan Thailand dilaksanakan di awal Januari 2024 yang dilaksanakan di dua negara seperti Malaysia dan Thailand.

Adapun beberapa kegiatan yang sudah dan sedang berlangsung kegiatannya antara lain, International Community Service dan Exhibition Student Sociopreneurship di Saengtham Wittaya Foundation School Thailand, Bechmarking Curriculum, Seminar Scientific di University Teknologi MARA (UITM). Dan Internasionl Academic Symposium di Politeknik Tuanku Syed Sirajuddin (PTSS) Perlis Malaysia serta Visiting Industri UMKM di Trang, Thailand.

Dalam berbagai kegiatan ini, Indonesia sendiri khususnya Sumatera Utara diwakili Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) dan Universitas Harapan serta universitas/perguruan tinggi dibawah naungan FKPT

Di kegiatan yang berlangsung di beberapa kampus yang berada di Thailand dan Malaysia tersebut, hadir perwakilan delegasi FKPT Sumut, Dr. Suginam, SE., Msi, Dekan Fakultas Teknik UISU Darlina Tanjung ST., MT, dan Wakil Dekan Fakultas Ekonomi Bisnis UISU Yusrita SE.,MM. Sedangkan dari Malaysia hadri Rektor UITM, Prof. Madya Ts. Dr. Shukor Sanim Mohd. Fauzi.

Sementara itu, Dekan Fakultas Hukum Universitas Islam Sumatera Utara, Dr. Danialsyah SH., MH, mengatakan jalinan kerjasama dengan berbagai universitas di luar negeri seperti di Asia Tenggara ini sendiri sangat baik bagi UISU untuk memperkenalkan kampus swasta tertua di luar pulau Jawa ini ke mancanegara.

“Jalinan kerjasama ini sangat baik bagi UISU sebagai salah satu bentuk perwujudan visi dan misi UISU yakni melebarkan sayap untuk lebih dikenal di mancanegara,” jelas Danialsyah yang sebelumnya juga sudah melakukan penandatangan kerjasama dengan Foundation Saengtham Wittaya School Trang Thailand.

Dijelaskan Danialsyah, terpilihnya UISU dalam jalinan kerjasama ini dikarenakan UISU merupakan salah satu Institusi Pendidikan Islam yang sudah berpengalaman sejak tahun 1951 lalu sebagai lembaga pendidikan tinggi yang menghasilkan lulusan-lulusan yang berkualitas dan memiliki akhlak mulia dalam mengembangkan pendidikan.

Ditambahkan Danialsyah, UISU wajib memanfaatkan peluang kerjasama ini guna meningkatkan kualitas untuk mewujudkan visi dan misi para pendiri yakni menjadikan Kampus UISU Unggul.

“Ini juga berguna untuk peningkatan akreditasi di berbagai fakultas guna mewujudkan UISU Unggul,” pungkasnya. (m19)

  • Bagikan