Unimed Wisuda 1.703 Lulusan

  • Bagikan
REKTOR Unimed, Prof Baharuddin saat melantik salah seorang wisudawan. Waspada/Ist
REKTOR Unimed, Prof Baharuddin saat melantik salah seorang wisudawan. Waspada/Ist

MEDAN (Waspada): Universitas     Negeri Medan (Unimed) mewisuda 1.703 lulusannya. Rabu-Kamis dan Jumat (22-24 November 2023) di Auditorium  Unimed. Wisuda dipimpin Rektor Unimed.Prof. Dr. Baharuddin, ST., M.Pd.

Adapun lulusan yang diwisuda, 60 Lulusan Program Pascasarjana, 272 Lulusan Fakultas Ilmu Pendidikan, 303 Lulusan Fakultas Bahasa dan Seni, 153 Lulusan Fakultas Ilmu Sosial, 373 Lulusan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 147 Lulusan Fakultas Teknik, 124 Lulusan Fakultas Ilmu Keolahragaan, dan 271 Lulusan Fakultas Ekonomi.

Rektor Unimed Prof Baharuddin dalam pidatonya berpesan, upacara wisuda bukan menyatakan bahwa masa belajar wisudawan telah berakhir. Justru harus dijadikan sebagai titik awal perjuangan baru dalam mengimplementasikan kemampuan dan skill dimiliki selama studi di Unimed.

“Gelar akademik dan keahlian yang telah saudara peroleh, harus menjadi modal utama agar saudara mendapatkan kesempatan yang lebih besar untuk berkiprah, dan berkarya dalam meniti karier untuk meraih kesuksesan hidup. Kami mengajak semua lulusan yang diwisuda hari ini, agar dapat melanjutkan studi ke jenjang S2 dan S3, untuk mengembangkan dan meningkatkan kompetensi dan skill yang lebih mahir dan profesional, agar semakin dapat berkolaborasi di dunia kerja yang akan semakin kompetitif,” kata Rektor.

“Melalui acara wisuda yang berbahagia ini, kami mengundang para wisudawan untuk kembali melanjutkan studi pada Program Doktor dan Magister yang ada di kampus kebanggaan kita Universitas Negeri Medan. Alhamdulillah, saat ini Unimed memiliki 82 Program Studi D3, S1/D4, S2, S3 dan Profesi, 61 persen sudah terakreditasi A/Unggul,” katanya.

Dikatakan, di era kemajuan teknologi yang semakin pesat, dimana teknologi informasi telah menjadi basis dalam kehidupan manusia, wisudawan dituntut lebih memiliki rasa empati, kepedulian, sense of belonging, kemahiran/skill di bidang IT dan kemampuan literasi bahasa, literasi data, literasi teknologi, dan literasi manusia yang dibutuhkan dunia kerja.

“Saat ini bukan lagi era kompetisi, melainkan dunia kerja membutuhkan kemampuan dan skill kolaborasi dalam berbagai bidang. Dalam melangkah ke jenjang karier, dan dunia kerja, setidaknya dibutuhkan Ilmuwan yang kreatif, kemampuan menyelesaikan masalah, kerja sama tim atau kolaborasi, kepemimpinan, kemampuan negosiasi, manajemen waktu, kemampuan mengambil keputusan, kemampuan mengendalikan emosi, berpikir kritis, dan networking,” urai Prof Baharuddin.

Di depan wisudawan dan keluarga wisudawan, rektor juga menyampaikan beberapa capaian Unimed. Dalam kurun waktu Januari sampai dengan November 2023, Unimed berhasil menambah 34 Guru Besar/Profesor. “Kami pimpinan akan terus mendorong dan memberikan pendampingan agar para dosen yang sudah Doktor dapat mempersiapkan secara bertahap untuk segera meraih Guru Besar, karena banyaknya jumlah Profesor bagi perguruan tinggi menjadi satu indikator kemajuan kampus,” ucapnya.

Prestasi mahasiswa Unimed di berbagai bidang juga telah berhasil mengukir prestasi baik di tingkat nasional maupun internasional, seperti PIMNAS, POMNAS, PON, Sei Games, Asean Games, MTQ, Pesparawi, IMT-GT dan kompetisi internasional lainnya.

“Capaian prestasi yang berhasil diraih dosen dan mahasiswa Unimed ini, menjadi bukti bahwa proses akademik dan non akademik di kampus hijau Unimed berjalan secara efektif dan sukses,” tutur Baharuddin.Rektor kemudian berpesan agar wisudawan menjaga nama baik almamater (Unimed).

“Tampilkan diri saudara sebagai insan lulusan Unimed yang menjadi agile learner, seorang pembelajar yang tangguh, lincah dan tangkas. Yaitu kemampuan bagi mereka yang selalu mencari pengetahuan baru, terus meningkatkan diri, serta beradaptasi pada perubahan. Tetap jalin komunikasi dan silaturahmi dengan Unimed sebagai almamater saudara dan sesama alumni dimanapun anda berada,” tandasnya.Hadir dalam wisuda itu, Ketua Senat Unimed Prof. Dr. Syawal.Gultom, MPd, Ketua Ikatan Alumni Unimed Jafaruddin Harahap, SPd, MPd, para dekan dan pimpinan lembaga di lingkungan Unimed, serta keluarga wisudawan (m19)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *