Vaksin Covid-19 Ada Berbayar Dan Gratis

  • Bagikan
Vaksin Covid-19 Ada Berbayar Dan Gratis

MEDAN (Waspada): Meski kasus Covid-19 sudah jauh menurun namun sampai saat ini masih ada temuan masyarakat yang terinfeksi penyakit penyebab gangguan pernapasan dan radang paru ini.

Untuk itu pemerintah masih melakukan upaya perlindungan melalui vaksinasi. Saat ini vaksinasi semakin difokuskan untuk kelompok rentan yang masih memiliki resiko fatalitas dan kematian akibat COVID-19.

Kadis Kesehatan Sumatera Utara, Alwi Mujahit menjelaskan memang pihaknya sudah mendapatkan informasi bahwa ada vaksin gratis dan berbayar ini. Di Sumut sendiri sampai saat ini sudah menjalankan vaksinasi kembali.

Namun diakuinya, untuk vaksinasi program yang gratis sampai saat ini pihaknya belum mendapatkan dropping vaksin dari pusat.

“Kalau yang program, tetap gratis. Tapi sampai saat ini, kita belum dapat dropping. Nah, lalau di swasta, sepertinya, berbayar,” ungkapnya pada Jumat (12/1).

Jadi katanya berdasarkan informasi yang diterimanya bahwa ada dua kelompok yang menjadi sasaran imunisasi COVID-19 program dan mendapatkan imunisasi COVID-19 gratis. Kelompok pertama adalah yang belum pernah menerima vaksin COVID-19 sama sekali. Sementara kelompok kedua adalah yang sudah menerima minimal 1 dosis vaksin COVID-19.

Baik kelompok pertama maupun kelompok kedua dikhususkan bagi masyarakat lanjut usia, lanjut usia dengan komorbid, dewasa dengan komorbid, tenaga kesehatan yang bertugas di garda terdepan, ibu hamil, serta remaja usia 12 tahun ke atas dan kelompok usia lainnya dengan kondisi immunocompromised (orang yang mengalami gangguan sistem imun) sedang–berat.

Sementara itu, sesuai Surat Edaran Dirjen Farmalkes HK.02.02/E/2571/2023 tentang Penyediaan Vaksin untuk Pelaksanaan Vaksin Covid-19 Pilihan, bagi masyarakat yang tidak masuk dalam kriteria di atas, imunisasi COVID-19 menjadi imunisasi pilihan secara mandiri, dan bisa didapatkan di seluruh fasilitas pelayanan kesehatan yang menyediakan layanan vaksinasi COVID-19.

Namun, Alwi menyebutkan sejauh ini minat masyarakat untuk melakukan vaksinasi masih kurang antusias.

Sementara itu, untuk kasus Covid-19 di Sumut sebutnya masih terus ditemukan. Sampai saat ini masih ada kasus aktif sebanyak 83 kasus.(cbud)

Ilustrasi

  • Bagikan