Warga DS Pertanyakan Dana Desa 

  • Bagikan
Warga DS Pertanyakan Dana Desa 

MEDAN (Waspada):  Sejumlah warga Sedayu Raya, Desa Kelambir V Kebun, Kecamatan Hamparan Perak, Deliserdang (DS) mempertanyakan dana desa berjumlah miliaran rupiah yang  dialokasikan untuk membangun infrastruktur di desa mereka.

“Hingga kini desa kami tak pernah disentuh dana desa yang berasal dari pemerintah melalui  pihak Desa Kelambir Lima,” ujar warga desa  yang minta tidak disebutkan namanya kepada Waspada di Medan, Senin (11/3).

Menurut warga Desa Sedayu itu, sejauh ini desa mereka tidak pernah tersentuh dana desa, sehingga aktifitas mereka  menjadi  terganggu.

Dia mencontohkan pembangunan jembatan dari dulu sampai sekarang tidak ada untuk warga. Adapun jembatan papan dibiayai dan dibuat sendiri oleh warga setempat.

“Karena jembatan tersebut tidak ada, warga di sana tak bisa jalan, adapun titi kecil dari papan warga sendiri dibuat dan dibiayai warga,” ujarnya.

Warga mensinyalir dana tersebut tidak dapat dipertanggugjawabkan, dan harus direspon agar alokasi dana tersebut dapat menunjang perekonomian warga.

Merespon kondisi itu, Kepala Desa Klambir V  Kebun Suprayogo ketika dikonfirmasi Waspada melalui pesan whatsapp tidak memungkiri hal itu terjadi.

“Mungkin gak semua dapat iya (dana desa), karena hal itu tergantung persen yang diatur pemerintah,” katanya.

Namun dia menambahkan bahwa untuk bantuan langsung tunai (BLT) telah disalurkan kepada  semua desa, termasuk warga Sedayu Raya, Desa Kelambir V Kebun, Kecamatan Hamparanperak.

“Untuk jelasnya silakan datang ke kantor,” pungkasnya.

Berdasarkan data yang dihimpun dari deliserdangkab.go.id/index.php/dana-desa-2023, terlihat bahwa  Realisasi Dana Desa Periode 31 Mei 2023 sebesar Rp 146.930.179.600 atau telah dialokasikan 43.32 % kepada 21 dusun dengan penduduk 20 ribu jiwa dan terus berprogres.

Adapun Realisasi Dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) Kabupaten Deli Serdang Periode 31 Mei 2023 dianggarkan Rp 339.139.699.000,00 yang telah 100 persen disalurkan.(cpb)

Ilustrasi

  • Bagikan