Waspadai Penyakit Saat Panas, Keluar Rumah Pakai Pelindung

  • Bagikan
Waspadai Penyakit Saat Panas, Keluar Rumah Pakai Pelindung

MEDAN (Waspada): Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Medan mengjimbau masyarakat agar terus waspada terhadap penyakit yang mengintai di musim panas.

Asupan cair yang cukup diyakini bisa menghempang dehidrasi serta disebutkan sebaiknya juga mengkonsumsi makanan kaya serat.

Hal itu dikatakan, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Medan, dr. Pocut Fatimah Fitri kepada Waspada pada Selasa (27/2).

“Cukup minum jangan sampai dehidrasi. Jangan terpapar matahari langsung, jika harus keluar gunakan topi atau payung. Tetap waspada genangan air karena kalau hujan lalu panas , nyamuk bisa berkembang biak,” jelas Pocut lagi.

Sebut Pocut lagi bahwa pihaknya sampai saat belum ada melihat adanya peningkatan angka penyakit-penyakit yang dialami oleh masyarakat.

Begitupun, khusus anak-anak ia berharap orang tua harus memberikan perhatian ekstra karena potensi mimisan bisa terjadi.

Sementara itu, himbauan Kemnkes Waspadai Penyakit Saat Cuaca Panas. Disebutkan melalui himbauan tertulisnya bahwa
Cuaca panas yang saat ini terjadi, tidak hanya membuat aktivitas masyarakat menjadi terganggu, namun juga menyebabkan terjadinya berbagai potensi penyakit yang dapat menyerang masyarakat yang tidak melakukan persiapan yang baik dan benar dalam menghadapi cuaca yang panas seperti saat ini.

Adapun persiapan yang bisa dilakukan oleh masyarakat dalam menghadapi cuaca panas seperti saat ini adalah dengan rutin minum dan tidak menunggu haus, menggunakan sunscreen minimal SPF 30, hingga meminimalisir kegiatan seperti olahraga dan bermain di luar ruangan.

Penyakit Akibat Cuaca Panas

Berbagai persiapan yang telah disebutkan diatas, merupakan upaya yang harus dilakukan oleh masyarakat untuk menghindari berbagai penyakit penyerta musim panas, diantaranya sebagai berikut: Dehidrasi, Heatstroke dan iritasi kulit yang ditandai dengan kelelahan, kulit kering serta warna air kencing yang keruh.

Sakit Kepala Sebelah (Migrain) akibat terpapar panas matahari ataupun terpapar polusi yang berlebihan.

Panas dalam akibat kondisi cuaca yang panas dan diperparah dengan asupan makanan yang kurang tepat, seperti gorengan atau makanan pedas.

Demam tinggi akibat paparan sinar matahari, sehingga menyebabkan suhu tubuh meningkat. Apabila tidak mendapatkan penanganan, akan berbahaya dan merusak otak serta organ-organ vital di dalam tubuh kita.

Dengan mengetahui beberapa penyakit yang mungkin terjadi akibat cuaca yang panas seperti saat ini, diharapkan bisa membuat kita jauh lebih waspada dan melakukan persiapan dalam menghadapi cuaca panas.

Kurangi aktivitas diluar ruangan dan segera lakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terdekat apabila mengalami gejala penyakit akibat cuaca panas, agar bisa segera mendapatkan penanganan secara cepat dan tepat.(cbud)

  • Bagikan