Yan A. Harahap, Caleg Potensial Di Antara ‘Bintang-bintang’ Dapil Sumut I

  • Bagikan
Yan A. Harahap, Caleg Potensial Di Antara ‘Bintang-bintang’ Dapil Sumut I

MEDAN (Waspada): Sumatera Utara (Sumut) I merupakan salah satu daerah pemilihan (dapil) yang bertabur bintang di Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Namun, ada satu tokoh potensial di antara sederet nama bintang di sana, yakni Yan Amarullah Harahap SE., SH., MM., atau yang akrab disapa Yan A. Harahap atau Yan Harahap.

Yan bakal bersaing dengan nama-nama calon anggota legislatif (caleg) tenar seperti Menkumham Yasonna H. Laoly, Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid, Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah, hingga eks Menkominfo Tifatul Sembiring.

Yan merupakan caleg nomor urut lima dari Partai Demokrat yang memiliki rekam jejak karier yang mentereng.

Yan pernah mendidikasikan diri di sejumlah perusahaan multinasional. Hal itu pun membuat Yan berpotensi merebut satu kursi dari dapil Sumut I.

Yan mengawali kariernya sebagai asisten manager di Cussons Indonesia pada 1997. Di perusahaan itu, Yan berkarier hingga 2000 dengan jabatan terakhir Marketing Assistant to Senior Brand Manager.

Selanjutnya, Yan melanjutkan karier dengan menjadi Product Manager di Cadbury Indonesia pada 2000 hingga 2002.

Lalu ia tercatat bekerja Creative Director Stiletto Communication (2002-2003), Marketing Communication Manager di General Motors Indonesia (2003), Product Manager PT. Total Chemindo Loka (2003-2005), Marketing Manager di PT. Media Nusa Pradana-Jurnal Nasional (2005-2010), serta Managing Director PT. Ceria Indonesia (2008-2010).

Di politik, Yan bukan pendatang baru. Ia mulai menapaki karier politik pada 2004, bersama sahabatnya Rully Charis (alm.) yang mengajaknya bergabung di Blora Center, Tim media pemenangan SBY-JK kala itu.

Setelah pasangan Susilo Bambang Yudhoyono-Jusuf Kalla (SBY-JK) menang di tahun yang sama, Yan menjadi kader Partai Demokrat.

Selamjutnya, Yan terlibat di berbagai kepengurusan di DPP Partai Demokrat, mulai dari menjabat Kepala Biro, Divisi Komunikasi Publik hingga sekarang menduduki jabatan Deputi Strategi dan Kebijakan di Balitbang Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat di bawah komando Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Yan menyampaikan, berbagai pengalamannya di sejumlah perusahaan multinasional itu akan sangat bermanfaat bila kelak dirinya duduk di Senayan mewakili Sumut I.

“Tentu dengan latar belakang pengalaman saya yang pernah berkarir di sejumlah perusahaan multi nasional dan di beberapa perusahaan nasional, inshaa Allah dapat juga diimplementasiakan untuk kepentingan dan kemaslahatan masyarakat Sumut I,” pungkasnya. (cpb)

Teks

Yan Amarullah Harahap SE., SH., MM., atau yang akrab disapa Yan A. Harahap atau Yan Harahap.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *