YP ADHA Tingkatkan Kapasitas Remaja ADHA

  • Bagikan
YP ADHA Tingkatkan Kapasitas Remaja ADHA

MEDAN (Waspada): Yayasan Peduli Anak dengan HIV-Aids (YP ADHA) kembali menggelar pertemuan kali ini pertemuan peningkatan kapasitas remaja Adha dan orangtua wali asuh Adha. Kegiatan diselenggarakan selama tiga hari mulai 27-29 Desember 2023 di Hotel Radisson Medan.

Kegiatan ini merupakan peningkatan kapasitas ADHA remaja sehingga mereka bisa nanti mendapatkan beberapa topik yang sesuai, dari narasumber termasuk psikolog. Kemudian, kegiatan untuk orangtua/wali asuh.

“Harapannya antara orangtua dan anak (ADHA) bisa saling mendukung di dalam kehidupan sehari-hari mereka. Termasuk bagaimana aktif mengonsumsi obat sesuai aturan, menjaga kesehatan dan bagaimana berhubungan dengan orang lain,” sebut Ketua YP Adha Saurma MGP Siahaan MIKom IAPR usai membuka kegiatan, Rabu (27/12) siang.

Peserta berasal dari Adha remaja 20 orang (14 dari Medan dan 6 dari luar Medan). Orangtua/wali asuh juga 20 orang. “Anak yang kita dampingi banyak, tapi untuk kegiatan ini kita ambil mereka yang sudah remaja saja,” jelas Saurma lagi.

Menurutnya, kegiatan ini dikhususkan untuk remaja ADHA. Karena mereka sejak awal didampingi hingga kini sudah semakin bertumbuh kembang.

“Kita syukuri bahwa mereka berhasil melalui masa-masa dari kecil hingga remaja ini dengan baik. Itu juga berkat mereka selalu mendapat penambahan pengetahuan dan wawasan,” sebut Saurma.

Selain acara ini, kata Saurma, besok (hari ini-red) YP ADHA juga menggelar peringatan Hari Aids Sedunia (HAS) bersama Adha. Dia berharap acara tersebut mendapat respons dan dihadiri pejabat Gubernur Sumut dan Walikota Medan.

“Soalnya, saat ini dari dampingan mereka 140 ADHA, yang terbanyak berasal dari Kota Medan. Kita berharap Walikota Medan bisa berkolaborasi dengan kita. Kami bersyukur sudah berkolaborasi dengan Pemprovsu termasuk tiga kegiatan ini dari PAPBD melalui dana hibah,” ungkapnya.

Dia menambahkan, selama setahun ini (2023) YP ADHA mendapat anggaran dari Pemprovsu melalui Dinas Kesehatan Sumut membantu nutrisi bagi ADHA berupa susu, makanan tambahan dan madu dan lainnnya.

Saat pembukaan acara, Saurma memotivasi anak-anak ADHAuntuk menjadi pemimpin. Paling tidak menjadi pemimpin diri sendiri. “Misalnya, mereka harus memimpin diri sendiri untuk teratur minum obat. Kenapa mereka harus minum obat, itu mereka harus tahu. Soalnya selama ini sebagian besar mereka tidak tahu kenapa harus minum obat ARV secara teratur. Jadi, ini adalah tantangan bagi orangtua. Makanya kita hadirkan psikolog bagaimana cara solusi menangani setiap permasalahan dengan anak ADHA,” jelas Saurma lagi.

Saurma mengapresiasi kepada seluruh panitia dan beberapa instansi serta stakeholder terkait dalam menyukseskan sejumlah program penanggulangan HIV Aids di Kota Medan. “Ada Medan Task Fores, Komisi Penanggulangan Aids dan lain sebagainya,” sebut Saurma didampingi Sekretaris YP Adha Erwin, Pri Asih dan lainnya.

Ketua KPA Sumut diwakili L Marshudi Budi Utomo yang akrab disapa Tom mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan YP ADHA. Soalnya, selama ini perhatian terhadap penanggulangan HIV Aids masih sangat minim.

“Jadi, kita bersyukur ada YP ADHA, karena sangat membantu penanggulangan HIV Aids khususnya terhadap Adha. Bahkan YP Adha juga ikut berjuang bersama-sama terbitnya Perda No. 3/22 dan Pergub No 2/2023,” sebutnya.

Dengan kegiatan ini, ADHA yang menjadi korban bisa ditangani dan mendapat perhatian dari berbagai sisi. “Medan sendiri yang didampingi 54 orang. Di Medan itu ada 140 ADHA, tapi mereka tidak mau masuk. Di Provinsi Sumut ada 300 lebih ADHA,” ungkapnya.

Dia berharap, permasalahan HIV Aids mendapat perhatian dari pemerintah daerah baik provinsi maupun kabupaten kota. Masalahnya, kasusnya bertambah terus. Kota Medan ada 10 ribu kasus, sedangkan Provinsi Sumut mencapai 21 ribu kasus.

“Sejauh ini, anggaran untuk penanggulangan HIV/Aids masih minim. Beda dengan masalah stunting dan eliminasi tuberkulosis karena ada percepatan. Makanya kita berharap ada juga percepatan soal penanggulangan HIV/Aids,” tandas Tom. (cbud)

  • Bagikan