APPI Nobatkan Suparno Djasmin Sebagai Lifetime Achievement

  • Bagikan
APPI Nobatkan Suparno Djasmin Sebagai Lifetime Achievement

JAKARTA (Waspada): Direktur ASTRA sekaligus Director-In-Charge Astra Financial, Suparno Djasmin menerima penghargaan Lifetime Achievement in Multifinance Industry pada Pertemuan Anggota dan Apresiasi APPI yang diselenggarakan oleh Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) di Ballroom The Raffles Hotel, Jakarta.

Rangkaian acara gelaran Pertemuan Anggota dan Apresiasi APPI diawali dengan sambutan Direktur APPI, Suwandi Wiratno dan keynote speech oleh Deputi Komisioner Pengawas Lembaga Pembiayaan dan Lembaga Jasa Keuangan Lainnya Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bambang W. Budiawan.

Suparno Djasmin mendapatkan penghargaan Lifetime Achievement Award in Multifinance Industry dari Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) atas kesuksesannya dalam mengembangkan layanan pembiayaan dari Grup Astra melalui Astra Financial.

Suparno Djasmin atau akrab disapa Abong telah berkarir profesional di Astra selama 36 tahun. Ia mulai merintis dari bawah dan berkembang bersama Astra hingga menjadi salah satu Direktur ASTRA sekaligus Director-In-Charge Astra Financial yang memimpin 14 lembaga jasa keuangan yang bergerak di 9 industri keuangan.

Per September 2023, Astra Financial memiliki total aset mencapai Rp 182,6 triliun dan melayani 27,7 juta pelanggan yang didukung oleh lebih dari 33.000 karyawan serta 912 jaringan di seluruh Indonesia.

Ia selalu memastikan seluruh entitas bisnis di bawah naungannya senantiasa dikelola secara prudent, tumbuh berkelanjutan sehingga memberikan yang terbaik kepada stakeholder-nya.

Tidak heran bahwa Astra Financial yang menjadi market leader jasa keuangan ritel yang didukung oleh pertumbuhan bisnis perusahaan pembiayaan konsumen, yaitu seperti PT Federal International Finance (FIFGROUP) dengan aset Rp 39,6 triliun, Astra Credit Companies (ACC) dengan aset Rp 42,5 triliun dan Toyota Astra Financial Services (TAF) dengan aset Rp 33,8 triliun serta perusahaan pembiayaan alat berat, yaitu Komatsu Astra Finance (KAF) dengan aset Rp 7,1 triliun dan Surya Artha Nusantara Finance (SANF) dengan aset Rp 6,2 triliun.

Suparno Djasmin dikenal memiliki leadership yang kuat dan selalu mengakar ke bawah yang selalu mengedepankan nilai-nilai Astra. Ia telah malang melintang 3,5 dekade mulai dari industri asuransi, otomotif dan jasa keuangan di Grup Astra.

Seusai acara penganugerahan tersebut, Suparno Djasmin mengatakan: “Saya bersyukur dan berterima kasih dapat meraih penghargaan Lifetime Achievement Award dari APPI. Terima kasih banyak kepada keluarga, teman, rekan kerja, dan semua pihak yang telah mendukung saya selama ini.

Penghargaan ini adalah milik semua tim yang mendukung pencapaian selama ini. Kami akan terus berkarya dan memberikan yang terbaik kepada para stakeholder serta industri jasa keuangan di Indonesia.”

“Setiap unit bisnis dalam Grup Astra diharapkan memberikan kontribusi terbaik kepada seluruh pemangku kepentingan. Di samping itu, setiap langkah unit bisnis selalu diarahkan sesuai dengan cita-cita Astra, yaitu sejahtera bersama bangsa.“ tambah Suparno Djasmin.

Tiga Unit Bisnis Astra Financial Raih Penghargaan APPI

Menunjukkan performa terbaiknya, tiga unit bisnis di bawah Astra Financial, yaitu: PT Swadharma Bhakti Sedaya Finance menjadi juara 1 kategori Pembiayaan dengan aset Rp 1-5 triliun, PT Federal International Finance (FIFGROUP) menjadi juara 2 kategori Pembiayaan di atas Rp triliun dan PT Sharia Multifinance Astra (AMITRA) menjadi finalis kategori Pembiayaan dengan aset di bawah Rp 1 1riliun.

PT Swadharma Bhakti Sedaya Finance merupakan perusahaan pembiayaan kepemilikan kendaraan roda empat yang tergabung dalam Astra Credit Companies (ACC). “Kami sangat bersyukur atas penghargaan yang diberikan oleh APPI. Terima kasih karena telah memberi kami semangat baru untuk terus berkembang dan memberikan kontribusi positif pada industri pembiayaan kendaraan roda empat,” ucap Doni Sadweko selaku Direktur dari PT Swadharma Bhakti Sedaya Finance.

Sementara itu, Margono Tanuwijaya selaku Presiden Direktur dari PT Federal International Finance (FIFGROUP), mengatakan: “Dengan tulus kami mengucapkan terima kasih kepada APPI atas penghargaan yang luar biasa ini. Penghargaan ini memotivasi kami untuk terus meningkatkan standar layanan dan memberikan nilai tambah kepada pelanggan.”

PT Federal International Finance (FIFGROUP) adalah salah satu perusahaan pembiayaan terbesar di Indonesia yang memiliki 5 brand services, yaitu FIFASTRA penyedia pembiayaan kredit sepeda motor Honda baru, SPEKTRA penyedia pembiayaan elektronik, gadget, perabot rumah tangga, DANASTRA pembiayaan multiguna, FINATRA pembiayaan mikroproduktif, dan AMITRA penyedia pembiayaan syariah Haji dan Umrah.

Di samping itu, Inung Widi Setiadji selaku Presiden Direktur dari PT Sharia Multifinance Astra (AMITRA) mengatakan: “Dengan rendah hati, AMITRA menerima penghargaan ini dari APPI sebagai bentuk pengakuan atas dedikasi dan kerja keras kami.” PT Sharia Multifinance Astra (AMITRA) merupakan penyedia layanan pembiayaan syariah perjalanan Haji dan Umrah serta produk pembiayaan syariah lainnya di bawah naungan FIFGROUP.

Selain itu, Habel Welang, konsumen dari Astra Credit Companies (ACC) didapuk menjadi pemenang kategori Konsumen yang Maju Berkat Pembiayaan.

“Saya mendapat rekomendasi dari teman untuk mengajukan pembiayaan dua buah truk dari ACC di tahun 1994, hingga kini saya punya 27 unit truk. Berkat ACC, saya bisa menguliahkan anak saya hingga berangkat umrah dan haji. Terima kasih banyak APPI atas penghargaan yang diberikan,” tutur Habel Welang, konsumen setia ACC sejak tahun 1994.

Tentang Astra Financial

Astra Financial merupakan brand dari divisi jasa keuangan PT Astra International Tbk, dengan total aset sebesar Rp 182,6 triliun per September 2023. Astra Financial telah melayani lebih dari 27,7 juta pelanggan yang didukung oleh lebih dari 33 ribu karyawan dan 912 jaringan di seluruh nusantara.

Astra Financial mengelola 14 entitas bisnis di 9 industri, diantaranya Pembiayaan Konsumen (FIFGROUP, ACC, dan TAF), Asuransi (Asuransi Astra dan Astra Life), Pembiayaan Alat Berat (KAF dan SANF), Teknologi Finansial (MauCash), Uang Elektronik (AstraPay), Digital Ventura (MOXA dan SEVA), Modal Ventura (Astra Ventura), Dana Pensiun (Dana Pensiun Astra) dan Perbankan (Bank Jasa Jakarta). (Rel)

Teks foto

Deputi Komisioner Pengawas Lembaga Pembiayaan dan Lembaga Jasa
Keuangan Lainnya Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bambang W. Budiawan
didampingi Ketua Umum APPI, Suwandi Wiratno bersama pengurus APPI serta CEO Astra Financial seusai acara penganugerahan Lifetime Achivement in Multifinance Industry untuk Suparno Djasmin.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *