Apa pun Hasil Pilpres, Mahfud Akan Terus Berjuang Untuk Demokrasi Dan Keadilan

  • Bagikan
Apa pun Hasil Pilpres, Mahfud Akan Terus Berjuang Untuk Demokrasi Dan Keadilan
Mahfud MD. (Ist)

JAKARTA (Waspada): Calon Wakil Presiden nomor urut 3, Mahfud MD menyatakan, akan terus berjuang untuk demokrasi dan keadilan, apa pun hasil Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Bagi Mahfud, membangun demokrasi dan keadilan semata-mata tidak sebatas pada proses pemilihan umum (Pemilu), juga melalui berbagai bentuk ekspresi dan gerakan masyarakat sipil.

“Apa pun hasi Pilpres ini saya akan terus berjuang untuk demokrasi dan keadilan. Dalam demokrasi, dan keadilan bukan hanya ada pada pemilu. Pemilu hanya salah satu ekspresi demokrasi. Saya pernah tak ada di jabatan apapun pada 2014-2016, tapi tetap produktif berjuang dalam demokrasi dan penegakan hukum,” kata Mahfud usai menghadiri acara pengukuhan tiga Guru Besar Tetap di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Salemba, Jakarta, sebagaimana dikutip dari siaran pers TPN, Sabtu (17/2/2024).

Gerakan demokrasi, menurut Mahfud, tidak hanya terjadi di tingkat politik formal, juga melalui partisipasi dan advokasi dari berbagai sektor masyarakat.

Bagi Mahfud, meskipun dihadapkan pada tantangan, demokrasi memiliki daya tahan yang kuat untuk berkembang.

“Gerakan civil society dan kampus-kampus adalah sumber gerakan dari otoritarianisme menuju ke demokrasi. Sejarah mengajarkan jika demokrasi disumbat maka demokrasi akan selalu membuka jalan sendiri. Ini sejarah kita maupun sejarah umum,” tegasnya.

Sementara itu, Dewan Pakar Politik TPN Ganjar-Mahfud, Muhammad AS Hikam menyambut baik pernyataan Mahfud MD.

Hikam mengatakan, Mahfud sebagai tokoh yang muncul dari kalangan kampus, yang kemudian memegang jabatan penting di legislatif, yudikatif dan eksekutif, menempati posisi terhormat dan akan tercatat dalam sejarah bangsa, terutama di bidang penegakan hukum dan demokrasi di Indonesia.

“Jika Prof Mahfud akan kembali menjadi bagian integral dari gerakan masyarakat sipil, baik itu di dunia akademis, ormas, dan NGO, tentu menjadi sebuah karunia bagi bangsa. Ini berarti perjuangan demokrasi akan tetap memiliki salah seorang pemimpin yang tangguh, bersih, dan berani. Sebuah keberuntungan besar bagi perjuangan demokrasi jika Prof Mahfud berada di dalamnya, usai Pilpres 2024 nanti!” pungkas Hikam. (J05)

  • Bagikan