BTN Buka Opsi Spin Off BTN Syariah 

  • Bagikan

JAKARTA (Waspada): PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) membuka opsi untuk melakukan pemisahan atau spin off pada Unit Usaha Syariah (USS) yaitu pada BTN Syariah. Opsi yang akan dipilih tentunya yang paling efisien bagi perusahaan untuk mendirikan Bank Umum Syariah (BUS).

Direktur Risk Management Bank BTN Setiyo Wibowo mengatakan, proses spin off BTN Syariah untuk dijadikan BUS hingga saat ini terus berjalan. Pihaknya tengah mengkaji dua opsi agar bisa dengan mudah dan cepat untuk dapat dilaksanakan. 

“Opsi pertama yakni Bank BTN akan mendirikan perusahaan baru atau meminta lisensi baru untuk Bank Umum Syariah (BUS). Opsi kedua yakni melakukan akuisisi BUS yang sudah ada untuk dijadikan cangkang BTN Syariah,” jelas Setiyo dalam keterangan tertulisnya, Kamis (24/8). 

Sementara opsi ketiga, meski belum dijabarkan gambarannya, namun dia dikatakan sedang di proses juga untuk dijajaki kemungkinan yang paling efisien dan sampai dengan saat ini sedang dalam kajian yang mendalam.

“Kami  serius ingin melakukan spin off BTN Syariah yang saat ini kinerjanya sangat bagus. Dengan spin off dan menjadi BUS, kami optimistis kinerja BTN Syariah akan semakin positif dan berkontribusi lebih besar bagi pembiayaan syariah khususnya pembiayaan rumah untuk masyarakat kecil,” ujarnya. 

Setiyo mengatakan, untuk opsi mengakusisi BUS, Bank BTN telah melakukan penjajakan dengan beberapa bank syariah yang ada dan terus berkomunikasi untuk mendapatkan penawaran terbaik. Dia berharap proses akuisisi bisa terlaksana akhir tahun ini atau awal tahun depan.

“Sudah ada beberapa bank yang sudah kami jajaki dan melakukan pengkajian, proses masih terus berlangsung. Kami berharap bisa mendapatkan kesepakatan terbaik untuk proses spin off BTN Syariah,” katanya.

Untuk diketahui saat ini ada sekitar 12 BUS yang berdiri di Indonesia. Dari 12 BUS tersebut diantaranya Bank Mega Syariah, BCA Syariah, Bank Panin Dubai Syariah, Bank Net Syariah, Bank Muamalat, BTPN Syariah, Bank Victoria Syariah, BJB Syariah, Permata Bank Syariah, Bank NTB Syariah dan Bank Syariah Bukopin. 

BTN Buka Opsi Spin Off BTN Syariah 

Konsulidasi 

Pekan lalu, Direktur Utama Bank BTN Nixon LP Napitupulu menegaskan bahwa pihaknya berkomitmen untuk melaksanakan spin off pada UUS miliknya yakni BTN Syariah. Pemisahan ini akan diikuti dengan kemungkinan konsolidasi BTN Syariah dengan PT Bank Syariah Indonesia (BSI) Tbk. 

“Skemanya kan pertama spin off, lalu diujungnya akan dikerjasamakan ke BSI. Karena tidak mungkin pengalihan aset kita laksanakan sendiri, ada risiko yang cukup besar,” tutur Nixon.dalam agenda Akad Massal KPR Bank BTN beberapa waktu lalu.

Menurutnya, kalau polanya pengalihan aset, maka BTN Syariah perlu untuk spin off dulu. Kemudian  equity-nya bisa dikerjasamakan dengan BSI. 

Nixon juga menyebutkan saat ini BTN sedang melakukan proses negosiasi kesepakatan jual beli dengan suatu bank syaruah yang diharapkan selesai sebelum akhir tahun ini, terkait dengan pengembangan bisnis syariahnya tersebut. 

“Karena, kami tidak mengejar buat PT baru, tetapi kita pilih dengan akuisisi salah satu bank dan itu jadi syariah. Lalu, BSI akan masuk sebagai salah satu pemegang saham,” terang Nixon, tanpa mau  menyebutkan bank mana yang akan diakuisisi. (J03) 

BTN Buka Opsi Spin Off BTN Syariah 
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *