Debat Cawapres Saling Sindir Dan Sentil

  • Bagikan
Debat Cawapres Saling Sindir Dan Sentil
Net

JAKARTA (Waspada): Debat cawapres Pilpres 2024 kedua di JCC, Jakarta, Minggu (21/1) malam, tampak ketiganya saling menyindir dan menyentil.

Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3 Mahfud MD menyebut aktivitas penebangan hutan atau deforestasi di Indonesia dalam satu dekade terakhir menyebabkan lahan gundul yang lebih luas 23 kali dari Pulau Madura.

“Dalam 10 tahun terakhir terjadi deforestasi 12,5 (juta) hektare hutan kita. Itu jauh lebih luas dari Korea Selatan dan 23 kali luasnya Pulau Madura di mana saya tinggal,” sindir Mahfud di debat cawapres Pilpres 2024 kedua di JCC, Jakarta, Minggu (21/1) malam.

Mahfud juga mencatat ada lebih dari 2.500 aktivitas tambang ilegal di sejumlah daerah. Ia pun merespons jawaban cawapres nomor urut 02 Gibran Rakabuming yang menyebut solusinya cukup pencabutan izin usaha pertambangan (IUP).

Mahfud mengingatkan Gibran mencabut IUP tidak mudah karena selama ini banyak dikuasai para mafia.

“Bilang, ya cabut saja IUP-nya. Nah, itu masalahnya. Mencabut IUP itu banyak mafianya. Banyak mafianya. Saya sudah mengirim tim ke lapangan, ditolak. Sudah putusan Mahkamah Agung.  Itu begitu. Bahkan KPK seminggu lalu mengatakan untuk pertambangan di Indonesia itu banyak sekali yang ilegal dan itu di-backing oleh aparat-aparat dan pejabat. Itu masalahnya,” sindir Mahfud.

Sementara Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka menyentil Cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar (Cak Imin) yang menjawab pertanyaan debat dengan mengintip catatan.

“Enak banget ya Gus ya, jawabnya sambil baca catatan,” sindir Gibran saat giliran menanggapi Cak Imin di Segmen 2 Debat Cawapres, Minggu (21/1).
Sebelumnya Cak Imin menjelaskan soal subsidi pupuk untuk petani. Terlihat beberapa kali Cak Imin menunduk seperti melihat catatan.

Namun zindirannya kembali dibalas Cak Imin. Saat tiba gilirannya, Cak Imin juga menyentil jika apa yang disampaikan Gibran hanya mengulang apa yang telah disampaikannya.

“Terima kasih Pak Gibran, yang anda sampaikan hanya mengulang apa yang saya sampaikan,” ujar Cak Imin.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar debat kandidat Pilpres 2024 yang keempat di Jakarta Convention Center (JCC) pada Minggu malam (21/1).

Kali ini para calon wakil presiden yang beradu gagasan. Mereka adalah Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka dan Mahfud MD.

Tema yang dibahas seputar pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat dan desa.

Debat dipandu oleh dua moderator perempuan yakni Jurnalis SCTV Retno Pinasti dan Jurnalis Metro TV Zilvia Iskandar.

Debat kali Ini juga merupakan momen kedua bagi para cawapres beradu gagasan. Sebelumnya mereka telah mengikuti debat pada 22 Desember 2023 lalu.(cnni)

  • Bagikan