DPR Tetap Kerja Efektif Di Masa Kampanye Pemilu Dan Pilpers 2024

  • Bagikan
DPR Tetap Kerja Efektif Di Masa Kampanye Pemilu Dan Pilpers 2024
Ketua DPR RI Puan Maharani di rapat paripurna DPR RI Ke-11 Masa Persidangan IIl Tahun Sidang 2023-2024 di Gedung Nusantara II, Jakarta, Selasa (16/1/2023). (ist)

JAKARTA (Waspada): DPR RI akan tetap bekerja efektif meski saat ini sedang masa kampanye Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

DPR juga akan terus berkomitmen tetap merespons hal-hal mendesak dan strategis.

”Kami tetap berkomitmen menjalankan tugas konstitusional kami dengan sebaik-baiknya, dan apa yang bisa kami lakukan tentu saja akan tetap menjadi tanggung jawab dan kewajiban seluruh anggota DPR untuk bisa melaksanakannya,” kata Ketua DPR RI Puan Maharani usai memimpin rapat paripurna DPR RI Ke-11 Masa Persidangan IIl Tahun Sidang 2023-2024 di Gedung Nusantara II, Jakarta, Selasa (16/1/2023).

Dalam tugas legislasi, DPR akan melanjutkan pembahasan 19 Rancangan Undang Undang (RUU) yang saat ini masih dalam tahap pembahasan tingkat satu. Rinciannya, tiga RUU usulan DPR, lima RUU usulan pemerintah, tiga RUU usulan DPR, dan tiga RUU kumulatif terbuka.

Selain itu, ada 34 RUU yang akan segera masuk daftar pembahasan tingkat satu. Rinciannya tiga RUU usulan DPR, dua RUU usulan pemerintah, dan 29 RUU kumulatif terbuka.

”Memang karena waktunya singkat, sudah menjelang masa pemilu maka kami prioritaskan mana yang harus dilaksanakan, mana hal yang harus diteruskan sesudah pemilu bulan Februari. Ada beberapa RUU yang memang sudah masuk ke tingkat satu, dan itu pun tidak mungkin bisa masuk ke tingkat dua dalam waktu yang singkat, satu bulan kurang lebih. Jadi akan tetap kami bahas, dan meminta masukan dari seluruh elemen, kemudian organisasi dan lain sebagainya untuk kemudian nantinya bisa diteruskan pasca pemilu bulan Februari,” jelas Puan.

Lebih lanjut, Puan meminta seluruh fraksi untuk mengawal seluruh anggotanya agar hadir di gedung DPR mengikuti seluruh rangkaian rapat dan pembahasan di Masa Persidangan IIl Tahun Sidang 2023-2024 ini.

”Memang absensi ini menjadi tanggung jawab dari kami untuk bisa terus mendorong seluruh teman-teman anggota DPR, namun anggota DPR pun mempunyai kewajiban untuk bisa turun ke daerah pemilihan (dapil)-nya masing-masing, melakukan tugas konstitusionalnya,” pungkasnya. (J05)

  • Bagikan