JAKARTA (Waspada): Dengan jenis usaha yang semakin beragam dan perkembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang semakin maju, maka satu solusi yang sama tidak lagi dapat diterapkan untuk semua UMKM. Kondisi ini melatarbelakangi Ninja Xpress untuk selalu melampaui sekedar bisnis logistik dalam mendampingi UMKM untuk meningkatkan penjualan dengan memberikan customized solutions yang disesuaikan dengan lini bisnis mereka.
Dengan Ramadan yang semakin dekat, Ninja Xpress menyelenggarakan virtual sharing session Ramadan 101: Raih Berkah dan Cuan Saat Ramadan di mana Ninja Xpress membagikan beberapa pandangan dan tren, serta mengundang pembicara untuk berbagi tips bisnis dalam membantu UMKM meraih khalayak yang tepat untuk meningkatkan penjualan mereka.
DKI Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Timur menjadi top 3 daerah pengiriman paket terbanyak selama Ramadan 2020. Kenaikan pengiriman selama Ramadan kembali terjadi pada 2021 dengan Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur menjadi top 3 daerah yang didominasi paket berukuran kecil. Maka dari itu, Ninja Xpress optimis akan terjadi peningkatan jumlah pengiriman pada Ramadan tahun ini juga.
“Dengan melihat tren kenaikan jumlah pengiriman paket tersebut, UKM Indonesia terbukti memiliki endurance sehingga berhasil bertahan melalui masa pandemi. Solusi yang mereka butuhkan tentu kini lebih spesifik sehingga inilah yang menjadi latar belakang Ninja Xpress memberikan customized solutions untuk masing-masing lini bisnis, baik itu fesyen, FMCG atau kecantikan,” jelas CMO Ninja Xpress, Andi Djoewarsa saat virtual sharing session Ramadan 101: Raih Berkah dan Cuan Saat Ramadan, Rabu (30/3).
Jika melihat dari perilaku konsumen dalam berbelanja online selama Ramadan berdasarkan riset iPrice bersama Jakpat, fesyen, elektronik, peralatan rumah tangga, kecantikan, dan kesehatan, adalah beberapa barang yang paling banyak dicari masyarakat saat Ramadan. Setiap lini bisnis ini tentu memiliki tantangan yang berbeda dalam memasarkan produknya di saat Ramadan sehingga membutuhkan strategi pemasaran yang berbeda pula. Inisiatif customized solutions Ninja Xpress memetakan kembali potensi pasar, keunggulan produk, tantangan yang dihadapi dan tingkat kematangan proses bisnis setiap lini untuk mengidentifikasi solusi yang sebenarnya paling mereka butuhkan. Dari hasil pemetaan ini, Ninja Xpress kemudian menyusun perencanaan strategi pemasaran yang lebih terarah dan komprehensif serta terus mendampingi UMKM selama pelaksanaannya agar mereka berhasil meningkatkan penjualan.
“Selama ini kami menemui berbagai tantangan dalam memasarkan produk yang terkadang tidak dapat kami hadapi sendiri, namun Ninja Xpress tidak hanya memberikan solusi pemasaran tepat sasaran tapi juga mengubahnya menjadi peluang bisnis yang lebih besar lagi dengan customized solutions nya,” tambah Social Media Specialist dari HR Group (Dr O), Widya Pangestika yang dikenal dengan produk herbal Boney peninggi badannya.
Layanan customized solutions tersebut disediakan Ninja Xpress melalui Creative Business Solutions yaitu dengan Creative Hub tempat UMKM bisa melakukan foto dan video produk secara profesional bersama model dan makeup artist, dukungan iklan offline dan online agar UMKM dapat beriklan lebih maksimal di media dan lokasi yang strategis, kolaborasi bersama para influencer/KOL, penyelenggaraan events, hingga layanan manajemen konten media sosial. Semua dukungan tersebut diberikan secara gratis kepada UKM yang tergabung di dalam ekosistem Ninja Xpress ataupun yang baru mendaftar melalui selalusiap.ninjaxpress.id. (m28)