EVP 2024 Di Bali Jadi Ajang Promosi Pariwisata Indonesia

  • Bagikan
EVP 2024 Di Bali Jadi Ajang Promosi Pariwisata Indonesia
Wakil Ketua BKSAP DPR RI Putu Supadma Rudana (no 3 dari kiri) bersama Sekjen DPR RI Indra Iskandar (kanan) di sela-sela Election Visit Program (EVP) 2024 di Bali, Denpasar, Selasa (13/2/2024). (ist)

JAKARTA (Waspada): Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Putu Supadma Rudana mengungkapkan rasa bangganya saat Bali ditunjuk sebagai tempat pelaksanaan Program Pemantauan Pemilu atau Election Visit Program (EVP) 2024.

Selain dapat menunjukan proses demokrasi Indonesia di mata dunia, penunjukan Bali juga dapat menjadi media promosi pariwisata Indonesia ke dunia internasional.

“Kita juga sangat berbangga dan berbahagia, pada akhirnya kegiatan EVP 2024 ini dilakukan di Bali. Tentu kita ingin menunjukkan proses pemilu yang baik, disamping bagaimana budaya Indonesia, budaya Bali dan destinasi yang ada di Pulau Dewata,” kata Putu, di Bali, Denpasar, Selasa (13/2/2024).

Para observer dari berbagai delegasi parlemen negara sahabat dan tiga organisasi parlemen dunia akan ikut meninjau langsung proses pemungutan dan penghitungan suara di tiga lokasi di Provinsi Bali yang ketiga lokais tempat pemungutan suara (TPS) mempunyai keunikannya tersendiri.

“Akan ada tiga kunjungan ke TPS, satu itu di desa wisata Panglipuran, sangat indah desanya, sudah sering mendapatkan penghargaan dari berbagai organisasi internasional. Kedua di Jimbaran, sebuah desa wisata yang sering menghadirkan kuliner, fresh seafood dan ketiga di sekolah SD, di kawasan Garuda Wisnu Kencana (GWK). Jadi artinya, dalam momen proses demokrasi ini mereka (para delegasi) bisa langsung hadir ke TPS dan sekaligus menikmati keindahan alamnya,” jelas Anggota Komisi VI DPR RI ini.

Menurut Putu, pelaksanaan EVP 2024 di Bali ini bisa mendapatkan tiga keuntungan sekaligus.

“Jadi sebetulnya ada 3 in 1 di sini. Satu melihat pemilu yang transparan, yang berintegritas dan akuntabilitas. Kedua, juga langsung berinteraksi melihat budaya Bali dan ketiga, melihat keindahan alam dan pariwisata Bali,” sambungnya.

Hal ini senada juga disampaikan Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPR RI Indra Iskandar, disampaikannya bahwa penunjukan Bali sebagai tempat dilaksanakannya EVP 2024 juga merupakan strategi untuk terus mempromosikan wisata Indonesia di hadapan dunia.

“Memang kita memilih Bali, sekaligus sebenarnya kita ingin memperlihatkan bagaimana mekanisme pemilu yang dilakukan dengan sangat tertib, ada juga KPPS-nya terdiri dari perempuan semua (TPS 19 di Jimbaran), dan ini juga bagian dari strategi kita untuk terus-menerus mempromosikan wisata Indonesia, pungkas Sekjen DPR RI Indra Iskandar, (J05)

Wakil Ketua BKSAP DPR RI Putu Supadma Rudana (no 3 dari kiri) bersama Sekjen DPR RI Indra Iskandar (kanan) di sela-sela Election Visit Program (EVP) 2024 di Bali, Denpasar, Selasa (13/2/2024). (ist)

  • Bagikan