Ganjar-Mahfud Gunakan Bahasa Isyarat ‘I Love You’

  • Bagikan
Ganjar-Mahfud Gunakan Bahasa Isyarat 'I Love You'
Lat

JAKARTA (Waspada): Pasangan calon presiden (capres)-calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD menggunakan bahasa isyarat “I love you” dalam kampanye akbar di Lapangan Simpang Lima, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (10/2).

Ganjar yang lebih dulu menggunakan bahasa isyarat itu di hadapan massa pendukung yang hadir.
Momen itu terjadi saat Ganjar dan Mahfud mengundang perwakilan masyarakat untuk menyampaikan masukan hingga pernyataan aspirasi di atas panggung. Tiga orang yang naik adalah kaum perempuan disabilitas, alumni sekolah menengah kejuruan (SMK) dan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Perwakilan pertama adalah Yuktiasih Proborini yang mengaku sebagai minoritas tripel, yakni disabilitas, perempuan, dan orang tua tunggal. Di hadapan Ganjar dan Mahfud, Yuktiasih meminta agar masyarakat dapat menghormati dan menghargai semua penyandang disabilitas.

Selain itu, Yuktiasih menyatakan bahwa negara yang menghormati penyandang disabilitas bisa dipastikan akan menjadi negara maju.

Ganjar lalu bercerita mendapat masukan penyetaraan aksesibilitas untuk penyandang disabilitas selama 10 tahun menjabat gubernur.
Kemudian, Ganjar pun memamerkan kebolehannya berbahasa isyarat.

“Saya diajari oleh kelompok tuli untuk menyampaikan beberapa bahasa isyarat. I love you,” ujar Ganjar seraya menggunakan bahasa isyarat.

Selain itu, Mahfud juga menggunakan bahasa isyarat untuk mengucapkan “I love you” ketika mendapat giliran berbicara.

“Untuk disabilitas yang ada tribune tersendiri di sana, saya mengucapkan i love you,” kata Mahfud ke arah salah satu bagian massa pendukung.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menentukan tiga pasangan untuk menjadi peserta Pilpres 2024 mendatang. Mereka adalah pasangan nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin), pasangan nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan pasangan nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Adapun hari pemungutan suara bakal digelar pada 14 Februari 2024 mendatang.(cnni)

  • Bagikan