Indra Iskandar : Peningkatan Kinerja BK DPR Penting Dalam Membangun Parlemen Modern

  • Bagikan
Indra Iskandar : Peningkatan Kinerja BK DPR Penting Dalam Membangun Parlemen Modern
Sekjen DPR RI Indra Iskandar saat menghadiri acara Evaluasi Kinerja Dalam Rangka Peningkatan Sinergitas Serta Penguatan Produk dan Layanan Badan Keahlian, Senin (4/12/2023), di Jakarta. (ist)

JAKARTA (Waspada): Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPR RI Indra Iskandar menilai evaluasi peningkatan kinerja Badan Keahlian (BK) DPR RI merupakan komponen penting dalam membangun kebutuhan parlemen modern yang lebih bersifat strategis.

Dalam hal ini, tenaga ahli dalam memberikan dukungan kepada anggota dewan parlemen yang diproyeksikan akan terisi 20-30 persennya merupakan kaum muda pada tahun-tahun mendatang.

“Jadi, Badan Keahlian ini mempunyai peran yang strategis sebagai wadah pemikir kedewanan, untuk memberikan dukungan kepada setiap anggota dewan baik berupa naskah akademik tentang UU maupun riset-riset penelitian” ujar Sekjen DPR RI Indra Iskandar di sela acara Evaluasi Kinerja Dalam Rangka Peningkatan Sinergitas Serta Penguatan Produk dan Layanan Badan Keahlian, Senin (4/12/2023) di Jakarta.

Indra Iskandar mencontohkan peran strategis BK DPR RI dalam memberikan dukungan kepada dewan sejalan dengan yang ada di beberapa negara, di antaranya National Research Service di Korea Selatan dan Congress Research Service di Amerika Serikat.

Indra Iskandar juga mengungkapkan DPR dalam menjalankan tiga fungsinya yakni fungsi legislasi, pengawasan dan anggaran diperlukan adanya pemahaman dan pengetahuan yang baik kepada setiap tenaga ahli. Sehingga, dapat memberikan masukan yang lebih spesifik kepada pemerintah dalam menjalankan tiga fungsi DPR tersebut.

“Badan keahlian ini harus menjadi ruh DPR dari sisi keahlian dan saya kira hal itu merupakan terpenting untuk mencapai target-target politiknya” jelasnya.

Indra Iskandar pun meminta kepada seluruh tenaga ahli untuk terus meningkatkan kemampuan diri sehingga dapat memenuhi setiap kebutuhan-kebutuhan yang berada di bagian komisi maupun di alat kelengkapan dewan (AKD).

“Saya kira peran tenaga ahli ini sangat strategis dan itu harus disadari oleh teman-teman tenaga ahli bahwa mereka harus meng-upgrade dirinya sesuai kebutuhan parlemen modern” pungkas Sekjen DPR RI Indra Iskandar. (J05)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *