Komisi Palestina APA Didorong Lebih Aktif Suarakan Kemerdekaan Palestina

  • Bagikan
Komisi Palestina APA Didorong Lebih Aktif Suarakan Kemerdekaan Palestina
Anggota BKSAP DPR RI Jazuli Juwaini (ist)

JAKARTA (Waspada); Anggota Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI Jazuli Juwaini berharap agar Komisi Palestina (Committee on Palestine) yang menjadi salah satu komisi di forum Asian Parliamentary Assembly (APA) dapat lebih aktif menyuarakan Kemerdekaan Palestina.

Diketahui, Komisi Palestina merupakan komisi yang baru terbentuk pada sidang Dewan Eksekutif APA, di Antalya, Turkiye, November 2023 lalu.

Komisi khusus terkait Palestina ini berfokus untuk melakukan upaya diplomasi parlemen untuk mendorong perdamaian, menghentikan perang, sekaligus investigasi atas tindakan kejahatan perang Israel, serta mendorong kemerdekaan Palestina.

“Kami berpandangan bahwa Komisi Palestina harus menjadi komisi terkuat di lembaga (APA), dalam situasi seperti ini dan pernyataannya harus didengarkan dan lebih aktif dibandingkan komite lainnya dalam situasi seperti ini,” ujar Jazuli Juwaini, dalam Standing Committee on Political Affairs di Sidang Pleno APA ke-14 di Baku, Azerbaijan, sebagaimana dikutip dari relisnya yang diterima Jumat (24/2/2023), di Jakarta.

Hal ini, lanjut Jazuli, melihat bagaimana pembunuhan dan penghancuran terhadap Palestina terjadi setiap hari. Setidaknya Komisi Palestina APA dapat mendahulukan kepentingan Palestina dibanding kepentingan lainnya.

” Memang benar persoalan ekonomi, persoalan budaya, dan persoalan lainnya itu penting, namun dalam keadaan seperti ini persoalan Palestina harus kita dahulukan,” tukas politisi Fraksi PKS ini.

Untuk itu, Anggota Komisi I DPR RI ini pun berharap Komisi Palestina dapar lebih aktif lagi bekerja secara konkret untuk mendorong segera kemerdekaan Palestina.

“Komite Palestina bukan sekadar komite yang dibentuk tetapi harus menjadi komite yang lebih aktif dibandingkan komite lainnya. Kami mengusulkan agar Komite Palestina bertahan sampai Palestina merdeka dari Israel,” harapnya. (J05).

  • Bagikan