Lamhot Sinaga Harapkan Wirausaha Baru Tumbuh Di Labusel

  • Bagikan
Lamhot Sinaga Harapkan Wirausaha Baru Tumbuh Di Labusel
kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Wirausaha Baru di sektor Industri Kecil dan Menengah (IKM) di Kota Pinang, Labusel, Sabtu (2/11/ 2023). (ist)

JAKARTA (Waspada): Wakil rakyat dari pemilihan Sumatra Utara II yang duduk di Komisi VII DPR RI Lamhot Sinaga berharap akan tumbuh wirausaha – wirausaha baru di Labuhan Batu Selatan (Labusel).

Harapan ini disampaikan Lamhot saat membuka kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Wirausaha Baru di sektor Industri Kecil dan Menengah (IKM) di Kota Pinang, Labusel, Sabtu (2/11/ 2023).

“Dari 200 peserta yang mengikuti Bimtek ini, saya berharap akan tumbuh wirausaha – wirausaha baru di Labuhan Batu Selatan. Sudah banyak cerita sukses para peserta yang mengikuti kegiatan ini di daerah daerah lain. Di Labusel juga harus ada yang sukses, kata Lamhot Sinaga.

Lebih lanjut, Lamhot Sinaga mengatakan Kementerian Perindustrian ingin mencetak 1 juta pengusaha baru dibidang UMKM dan IKM. Oleh sebab itu, minat usaha masyarakat agar mau menjadi pelaku usaha perlu ditumbuhkembangkan

Itu sebabnya, sebagai wakil rakyat Lamhot Sinaga konsisten menginisiasi kegiatan Bimtek di daerah pemilihan 2 Sumut, sehingga masyarakat merasakan memiliki wakilnya yang selalu peduli dan hadir untuk memperjuangkan aspirasi rakyat.

Untuk menambah pengetahuan para peserta, turut dihadirkan pemateri dari Dinas Koperasi, UMKM dan PTSP Kabupaten Labuhan Batu Selatan. Bank BRI turut memberi materi tentang Kredit Usaha Rakyat.
Bimtek wirausaha baru untuk kategori service HP, konveksi (menjahit), pengolahan makanan ringan, kerajinan kayu, pengelasan dan pengolahan Kopi.

Bimtek ini berlangsung lima hari di Kota Pinang Labuhan, Labusel
dilaksanakan Kementerian Perindustrian Direktorat Industri Kecil Menengah dan Aneka atas inisiasi Lamhot Sinaga sebagai Mitra Komisi VII DPR RI.

Rudi inaga dari Kementrian Perindustrian dalam laporannya menyampaikan bahwa peserta akan mengikuti pelatihan selama lima hari. Setiap peserta akan diberi materi teori dan praktek sesuai dengan kategori yang diikuti.

Para peserta akan mendapatkan sertifikat dan juga transportasi selama mengikuti Bimtek. Anggaran kegiatan dibebankan kepada Kemente rian Perindustrian Dirjen IKMA.

Sementera Roy Sianipar,Fungsional Utama Assesor Managemen Mutu Industri dari Kementerian Perindustrian mengatakan kegiatan Bimtek wirausaha baru di sektor IKM di Labuhan Batu Selatan ini berkat inisiasi dari anggota DPR RI Lamhot Sinaga.

Roy Sianipar nerharap peser yang mencapai 200 orang ini memanfaatkan kesempatan untuk meningkatkan kemampuan sesuai bidang atau kategori yang diikuti.

Dalam kegiatan ini disematkan secara simbolis kartu tanda peserta dan diberi peralatan pendukung sesuai kategori yang diikuti yakni bidang kerajinan kayu diwakili Safarudin Harahap, Bidang pengelasan diwakili Lukman Manurung, service HP diwakili Riama Hutagaol, Pengolahan Kopi diwakili Mahyudin Panjaitan, Konveksi diwakili Yuli Anastasya, pengolahan makanan ringan berbasis ikan diwakili rohana. (J05)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *