Masa Kepemimpinan Haposan Hutagalung, DPW Rahutbona Sejabodetabek Gelar Raker Dan Buat Kartu Anggota

  • Bagikan
Masa Kepemimpinan Haposan Hutagalung, DPW Rahutbona Sejabodetabek Gelar Raker Dan Buat Kartu Anggota
Ketum DPW Rahutbona Sejabodetabek Haposan Hutagalung, SH (tengah) memimpin Raker Pertama Pengurus Sektor, DPD, DPW Rahutbona Se-Jabodetabek didampingi Ketua Bidang Organisasi, SDM dan IT, St Parlin Hutagalung (kanan) dan Ketua Bidang Organisasi Paradaton, Dr Rory Hutagalung (kiri) di Hotel Best Western Premier Cawang, Jakarta, Minggu (26/11/2023) malam. Waspada/Ist

JAKARTA (Waspada): Rapat Kerja (Raker) Pertama Pengurus Sektor, Dewan Pimpinan Daerah (DPD), Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Punguan SiRaja Hutagalung Dohot Boruna (Rahutbona) se-Jabodetabek berlangsung penuh keakraban di Hotel Best Western Premier Cawang, Jakarta, Minggu (26/11/2023) malam.

Ketua Umum DPW Punguan SiRaja Hutagalung Dohot Boruna (Rahutbona) Sejabodetabek Periode 2021-2026, Haposan Hutagalung, SH, mengucap syukur Raker yang pertama kali dilakukan di Rahutbona ini dapat berlangsung dengan baik.

“Setelah puluhan tahun punguan Hutagalung ini berdiri, baru kali ini diadakan Raker untuk pertama kalinya. Dalam Raker kali ini kita membahas tentang evaluasi program dan menyusun program kerja kedepan serta AD ART,” jelas dia.

Haposan melanjutkan, raker ini untuk menyatukan dan memperkuat visi dan misi organisasi diantara para pengurus dalam rangka melaksanakan program-program kerja kedepan.

“Diharapkan melalui raker ini juga tahun depan semua pengurus secara estafet dari DPW, DPD hingga sektor sebagai ujung tombak organisasi, dapat melakukan program kerja dengan baik dan terukur,” katanya.

Menurut Haposan, pembahasan AD ART Rahutbona pun sudah final pembahasannya. “Selama ini memang ada aturan yang tidak tertulis dan terjadi persoalan di masa lalu. Namun kini sudah diatur secara tertulis. Dan saya setuju jika aturan (hukum) itu bersifat dinamis. Artinya apa yang dulu dilarang atau tidak diatur, melihat perkembangan zaman, maka sekarang diperbolehkan,” paparnya.

“Semoga raker yang penuh kekompakan antara para pengurus Rahutbona ini bisa menyemangati dan membawa spirit kepada marga-marga lain untuk melakukan hal serupa. Sebab ada juga marga-marga yang mungkin yang belum pernah menggelar raker namun hanya sebatas diskusi-diskusi saja,” pungkasnya.

Sementara Ketua Bidang Organisasi Paradaton, Dr Rory Hutagalung mengutarakan, terkait bidang paradaton, pada raker ini membahas tentang Paampuhon marga (pemberian marga), yang bisa dibilang menjadi sumber polemik selama 10 tahun ini di Punguan Hutagalung.

“Nah di AD ART baru ini yang sudah disahkan di Punguan SiRaja Hutagalung Jabodetabek bahwa sah untuk pemberian marga kepada seseorang dari suku lain menjadi Marga Hutagalung. Sebab selama ini yang dilegalkan cuma mangain boru (mengangkat anak). Jadi, semua tadi sudah dijelaskan baik secara filosofis, sosiologis dan yuridis,” ujarnya.

Ketua Bidang Organisasi, SDM dan IT, St Parlin Hutagalung, didampingi oleh Pirton Hutagalung (Seksi Organisasi) dan Andre Hutagalung (Seksi IT), menguraikan bidangnya juga berperan penting untuk menggerakkan roda organisasi di Rahutbona Sejabodetabek.

“Dan beberapa program yang sudah direncanakan, pada saat raker ini dapat terlaksana. Diantaranya, pembuatan AD ART Rahutbona Sejabodetabek yang dulunya belum ada, tapi sekarang sudah ada pada masa kepemimpinan Ketua Umum Haposan Hutagalung,” urainya.

Parlin melanjutkan, bidangnya juga telah melakukan pendataan seluruh anggota Hutagalung SeJabodetabek. “Sejak 69 tahun organisasi Marga Hutagalung ini eksis, sudah 17 ketua umum berganti. Dari tahun 1954 sampai 2023, baru saat ini pendataan anggota Hutagalung selesai. Dan kini Rahutbona telah membuat dan meluncurkan kartu anggota dalam bentuk e money, yang mungkin pertama kali di Indonesia. Selain itu, bidang ini juga melaksanakan fungsi publikasi melalui broadcast, Youtube Channel dan media sosial,” tandasnya. (j01)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *